Berita

Koleksi Bung Hatta - Berita - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Terima Kunjungan dari Komisi 5 DPRD Riau
Berita

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Terima Kunjungan dari Komisi 5 DPRD Riau

Bukittinggi - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta adalah sebuah perpustakaan yang berdiri di Kelurahan Gulai Bancah, Bukittinggi. Sebagai unit pelaksana teknis dari Perpustakaan Nasional RI, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kerap dijadikan tempat untuk berdiskusi terkait isu-isu perpustakaan dan pengembangan bidang literasi.

Sebagai bagian dari pemerintah, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta merupakan representasi dari pihak eksekutif. Dalam sistem pemerintahan, pihak eksekutif bermitra dengan badan legislatif untuk merumuskan kebijakan yang hendak dijalankan untuk segenap masyarakat.

Jumat (17/3) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menerima kunjungan dari anggota DPRD Provinsi Riau. Rombongan DPRD Riau diterima Kasubbag Tata Usaha Fajri Oktaria di Ruang Transit. Kasubbag TU didampingi Ketua Pokja Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan Meindria, Ketua Subpokja Layanan Informasi Perpustakaan Erni Zulfan, dan Ketua Subpokja Pengembangan dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Hari Sunandar.

Ketua Komisi 5 DPRD Riau Robin Hutagalung berkesempatan hadir di UPT Perpustakaan Proklamator, bersama Amyurlis dan Sardiyono yang merupakan anggota Komisi 5 DPRD Riau. Mereka didampingi sejumlah tenaga ahli dan staf protokol. Kesempatan ini menjadi momen untuk bertukar pikiran satu sama lain, perihal perpustakaan dan isu-isu yang terkait dengannya. Terlebih, Komisi 5 merupakan komisi yang membidangi urusan kesejahteraan rakyat, khususnya bidang pendidikan dan kesehatan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, atas kesediaan menerima kami hari ini. Kami ingin berdiskusi soal lembaga perpustakaan,” ujar Robin membuka kunjungan.

Sebagai legislator yang mengawali karir politik dari level kabupaten, Sardiyono menyampaikan keluh kesahnya dalam hal mengembangkan lembaga perpustakaan di daerah. Menurutnya, peran kepala daerah amatlah krusial, dalam hal pengembangan perpustakaan sebagai salah satu lembaga yang menopang bidang pendidikan untuk masyarakat.

Erni Zulfan juga berbagi cerita soal layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, yang sedang dijalankan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Layanan berbasis inklusi sosial ini bertujuan menghadirkan wahana bagi masyarakat, untuk mengembangkan kemampuannya.

Pengembangan ini berasal dari pendayagunaan koleksi perpustakaan, agar dapat lebih bermanfaat bagi sebanyak mungkin orang. Implementasi program inklusi sosial dari perpustakaan ini adalah dengan menyelenggarakan workshop-workshop yang bisa meningkatkan skill para pesertanya di berbagai bidang.

Kunjungan ini menjadi bukti bahwa UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta terbuka dengan pihak mana pun. Khususnya dalam hal pengembangan lembaga perpustakaan, sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap masyarakat.

 

Penulis: Johar Dwiaji Putra

Penyunting: Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer: Johar Dwiaji Putra


Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image