Berita

Koleksi Bung Hatta - Berita - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Hadiri Visitasi Juri Lomba Perpustakaan di SMAN 1 Bukittinggi
Berita

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Hadiri Visitasi Juri Lomba Perpustakaan di SMAN 1 Bukittinggi

Bukittinggi - Sabtu (6/5) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menghadiri undangan kegiatan visitasi tim juri lomba perpustakaan sekolah, yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bukittinggi. Lomba perpustakaan sekolah ini merupakan tingkat SMA/SMK/MA se-Provinsi Sumatera Barat tahun 2023.

Ketua Pokja Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan Meindria, mewakili Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta untuk hadir dalam kegiatan ini. Meindria diterima oleh Kepala SMAN 1 Bukittinggi Silfa Dusun. Silfa Dusun didampingi sejumlah perangkat sekolah, komite sekolah, dan pengelola perpustakaan SMAN 1 Bukittinggi.

Lomba perpustakaan sekolah ini diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat. Pada kesempatan ini, ada tiga juri yang bertugas untuk melakukan visitasi ke perpustakaan SMAN 1 Bukittinggi. Tim juri ini diketuai oleh Muhammad Fadli, akademisi dari UIN Imam Bonjol Padang.

SMAN 1 Bukittinggi memiliki perpustakaan sekolah yang dinamakan Perpustakaan Sunaryaman Musthofa. Nama ini diambil dari seorang tokoh yang pernah menjadi Kepala di SMAN 1 Bukittinggi. Perpustakaan Sunaryaman Musthofa mempunyai sejumlah layanan dan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh segenap warga SMAN 1 Bukittinggi.

Salah satu yang menarik, SMAN 1 Bukittinggi mempunyai “Pojok Literasi Bung Hatta”. Pojok ini terletak di salah satu spot, yang berisi sejumlah informasi terkait Bung Hatta. Seperti diketahui, Bung Hatta merupakan proklamator kemerdekaan Republik Indonesia yang lahir di Bukittinggi. Pojok Literasi Bung Hatta ini dikreasikan oleh salah satu kelompok ekstrakurikuler “Hosland”. Hosland merupakan kependekan dari Historical Organization of Smansa Landbouw.

Visitasi yang dilaksanakan oleh tim juri lomba perpustakaan sekolah ini, tidak sekadar mengamati fasilitas perpustakaan yang ada di SMAN 1 Bukittinggi. Namun, juga melakukan audiensi dengan segenap perangkat di SMAN 1 Bukittinggi, khususnya para pengelola perpustakaannya.

Dalam audiensi tersebut, Nurhayati selaku Ketua Pengelola Perpustakaan Sunaryaman Musthofa mempresentasikan profil dan keunggulan yang dipunyai oleh perpustakaan SMAN 1 Bukittinggi.

Acara visitasi penilaian perpustakaan sekolah yang diadakan di SMAN 1 Bukittinggi, tidak hanya dihadiri oleh UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Stakeholder lainnya yang turut menghadiri, di antaranya adalah perwakilan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumatera Barat dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bukittinggi. Ada pula perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi dan Dinas Komunikasi dan Informatika Bukittinggi.

Penulis Johar Dwiaji Putra
Penyunting Christyawan Ridanto Pitoyo
Fotografer Johar Dwiaji Putra

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image