Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Terima Kunjungan TK Surya Kids Bukittinggi

Bukittinggi - Selasa (25/1) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menerima kunjungan dari TK Surya Kids Bukittinggi yang dipimpin langsung oleh Kepala TK,  Suryanti. Ada 176 siswa TK yang didampingi oleh 9 orang guru. Kunjungan ini merupakan agenda tahunan dari TK Surya Kids yang sudah dua tahun tertunda dikarenakan pandemi. Dalam kesempatan ini, Meindria selaku Koordinator Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan, Vyona petugas Ruang Layanan Anak, dan Rahmi Yanti selaku Security Perpustakaan mewakili penyambutan rombongan yang datang. Para siswa TK diterima di lobby atas perpustakaan dengan menyapa dan menjelaskan secara garis besar aturan kunjungan serta beberapa bagian perpustakaan.

 

Para siswa TK juga berpakaian lengkap dan formal yaitu dengan atasan jas hitam dan celana hitam dipadukan juga dengan kemeja putih serta memakai dasi strip hitam putih. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari lebih kurang 30 orang perkelompok. Kunjungan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 dengan pembatasan jumlah keramaian. Setiap kelompok masuk secara bergantian. Sebelum memasuki perpustakaan, siswa beserta guru pendamping diwajibkan untuk melakukan pengukuran suhu tubuh dan memakai handsanitizer yang telah disediakan perpustakaan. Selanjutnya mengisi buku tamu yang diwakili oleh masing-masing guru pendamping.

 

Kegiatan diawali dengan melakukan aktivitas di ruang layanan anak. Secara berkelompok, siswa TK didampingi dalam membaca buku cerita dan bermain mainan dengan waktu 20 menit. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para siswa akan senang berkunjung ke perpustakaan dan pada akhirnya kegemaran membaca akan tertanam di jiwa mereka sejak usia dini. Dilanjutkan dengan tour keliling perpustakaan yaitu ke ruang galeri bung hatta, ruang baca umum lantai atas dan bawah, dan ruang referensi. Berbagai layanan perpustakaan dikenalkan pada anak-anak agar mereka mengetahui manfaat dari fasilitas perpustakaan.

 

Dengan berkunjung ke perpustakaan, anak-anak dapat mendapatkan wawasan baru, bermain dan sekaligus belajar. Kegiatan kunjungan perpustakaan ini merupakan salah satu program yang ditawarkan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta  kepada masyarakat. Tujuan dari layanan kunjungan TK ataupun Taman Bermain sebenarnya untuk memperkenalkan anak-anak pada perpustakaan, menumbuhkan minat baca sejak dini sekaligus sebagai rekreasi edukatif bagi anak-anak. Diharapkan dari mereka inilah lahir generasi Bung Hatta penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan sang Proklamator Indonesia.

 

Penulis : Vyona
Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo
Fotografer  : Faisal Dandi Ardiansyah

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image