Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Terima Kunjungan dari Pengelola Perpustakaan Ditjen Imigrasi

Bukittinggi - Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kembali menerima kunjungan. Kali ini, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Nur Karim menerima kunjungan dari Pengelola Perpustakaan Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Nur Karim didampingi Kasubbag Tata Usaha Fajri Oktaria, Koordinator Layanan Meindria, Koordinator Pengembangan Afrison, dan Humas Johar Dwiaji.

 

Pengelola perpustakaan Ditjen Imigrasi diterima di Ruang Tamu Kepala dan kemudian dilanjutkan berdiskusi di Ruang Transit, pada Kamis (25/8). Tim dari perpustakaan Ditjen Imigrasi berjumlah empat orang. Mereka adalah Fipit Fatimah selaku Pustakawan Ahli Muda, yang didampingi Susiyani, Devi Permata Putri, dan Joko Prayitno selaku Pelaksana di Bagian Umum Sekretariat Ditjen Imigrasi.

 

Dalam kesempatan ini, Nur Karim memperkenalkan profil Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. “Perpustakaan Proklamator Bung Hatta adalah unit pelaksana teknis dari Perpustakaan Nasional. Salah satu tujuan kami adalah menggali dan melestarikan nilai-nilai kearifan dari pemikiran Bung Hatta selaku salah satu proklamator berdirinya bangsa ini,” sebut Nur Karim kepada rekan-rekan pengelola perpustakaan Ditjen Imigrasi.

 

Nur Karim juga memaparkan aktivitas-aktivitas apa saja yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, di antaranya adalah kegiatan perpustakaan berbasis inklusi sosial yang telah rutin diadakan dan diimplementasikan dalam sejumlah workshop yang melibatkan masyarakat dari beragam profesi dan latar belakang.

 

“Kami sengaja datang ke mari, untuk menimba ilmu dan mengumpulkan pengetahuan terkait bagaimana pengelolaan perpustakaan. Perpustakaan Ditjen Imigrasi adalah perpustakaan khusus, dan masih dalam tahap pengembangan di sana-sini. Dari kunjungan ini kami berharap, ada bekal pengetahuan yang bisa kami bawa untuk membenahi perpustakaan yang kami kelola,” ujar Fipit gamblang.

 

Diskusi berlanjut untuk saling bertukar pikiran, terkait pengelolaan perpustakaan di masing-masing instansi. Baik itu di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dan perpustakaan yang berada di bawah naungan Ditjen Imigrasi. Termasuk kemungkinan kerja sama antarinstansi, untuk pemanfaatan bahan pustaka yang dimiliki oleh masing-masing perpustakaan.

 

Kunjungan ini tidak hanya terbatas diskusi di Ruang Transit. Fipit dan rekan-rekan Ditjen Imigrasi kemudian berkeliling ke sejumlah bagian Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Kesempatan ini digunakan untuk mengeksplorasi proses bisnis yang berjalan di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Khususnya yang ada di kelompok substansi Layanan dan Pengembangan.

 

Dengan telaten, Afrison memandu Fipit dan rekan-rekan Ditjen Imigrasi untuk mengamati proses pelestarian, pengolahan bahan perpustakaan, dan berdiskusi singkat terkait kajian yang telah dilakukan oleh Pustakawan Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Meindria juga menemani para pengelola perpustakaan Ditjen Imigrasi untuk menggali informasi di bagian-bagian Layanan, seperti promosi perpustakaan, layanan sirkulasi koleksi, dan ruang galeri koleksi khusus Kebunghattaan.

 

“Saya merasa terpanggil untuk menjadi seorang Pustakawan, karena saya pribadi suka membaca. Kegemaran ini membuat saya bersemangat untuk menerima amanah tugas dari pimpinan, untuk mengelola perpustakaan di Ditjen Imigrasi,” tukas Fipit seraya berpamitan kepada segenap pejabat teras Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

 

Penulis : Johar Dwiaji Putra

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer : Era Santi Martin


Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image