Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Terima Kunjungan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman

Bukittinggi - Jumat (28/10) Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menerima kunjungan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman. Efri Yanto selaku Sekretaris Dinas yang didampingi seorang staf, diterima oleh pelaksana harian Plt. Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Meindria di Ruang Koordinator Layanan.

Efri Yanto menyampaikan maksud kedatangannya untuk berdiskusi terkait pengelolaan lembaga perpustakaan. Perpustakaan Proklamator Bung Hatta yang merupakan unit pelaksana teknis dari Perpustakaan Nasional RI, tentu dapat berperan sebagai mitra bagi segenap lembaga perpustakaan di daerah. Momen ini menjadi kesempatan untuk bertukar pikiran, khususnya mengenai serba-serbi keberadaan perpustakaan milik pemerintah daerah yang ada di kabupaten atau kota.

“Bu Mei, kami sengaja datang ke mari untuk menggali informasi. Apa-apa yang bisa kami lakukan, untuk membenahi perpustakaan yang ada di daerah kami. Sebelumnya saya pernah berkomunikasi dengan Ibu Siti, terkait data-data potensi wilayah untuk keperluan presidensi G20,” ujar Efri Yanto memaparkan.

Dalam penerimaan delegasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasaman ini, Meindria tidak sendirian. Beliau ditemani Koordinator Pengembangan Afrison, Pustakawan Siti Robiah, dan Humas Johar Dwiaji. Pertemuan terjalin hangat, karena masing-masing pihak saling bertukar cerita mengenai suka duka bergerak di bidang pengembangan perpustakaan.

“Perpustakaan di daerah wajib mempunyai program-program yang konsisten, agar bisa dilirik oleh kepala daerah dan Perpustakaan Nasional. Hal ini amat penting, supaya perpustakaan memperoleh dukungan maksimal dan eksistensinya diakui,” sambung Afrison.

Setelah puas berdiskusi, Efri Yanto berkeliling ke ruang-ruang layanan yang ada di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Di antaranya ke layanan referensi, keanggotaan, standing kios koleksi digital, dan ruang galeri koleksi khusus kebunghattaan.   

 

Penulis : Johar Dwiaji Putra

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer : Johar Dwiaji Putra

 


Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image