Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Perpustakaan Keliling UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Goes to Solok

Sungai Nanam Rabu (14/09) Bertepatan dengan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh setiap tanggal 14 September, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta  mengadakan kegiatan sosialisasi keBungHattaan melalui Perpustakaan Keliling. Kegiatan sosialisasi tersebut berupa pengenalan figur Bung Hatta diikuti dengan pemutaran film animasi tentang biografi Bung Hatta. Kegiatan sosialisasi kebunghattaan kali ini digelar di Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Nanam, Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok.

Acara dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah Dasar Negeri 26 Sungai Nanam, Yulimar, S.Pd.SD. Pihak sekolah merasa senang dan berterima kasih karena telah diberi kesempatan untuk menonton film tentang biografi Bung Hatta. Banyak manfaat yang didapat setelah menonton film tersebut, salah satunya adalah bertambahnya pengetahuan murid-murid mengenai sejarah terutama Sang Proklamator yaitu Bung Hatta. Pihak sekolah berharap mendapat kesempatan lagi untuk dikunjungi dengan kegiatan serupa.

Kegiatan dilanjutkan dengan NOBAR (menonton bareng) film animasi Bung Hatta bersama 100 orang murid-murid kelas tiga, empat, lima, dan enam  yang didampingi para guru. Setelah menonton film, para murid ditantang untuk dapat menceritakan kembali film yang mereka tonton. Kegiatan diakhiri dengan kuis seputar film biografi Bung Hatta dan pengetahuan umum tentang proklamator. Murid yang berhasil menjawab pertanyaan mendapatkan merchandise menarik dari UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Para siswa merasa senang dengan kunjungan perpustakaan keliling ke sekolahnya, hal ini disampaikan oleh salah seorang murid kelas enam, Tasya Warahmah. Ia berterima kasih atas kunjungan dan kegiatan nonton bareng Perpustakaan Keliling UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta karena dapat menambah pengetahuan tentang Bung Hatta dan berharap dikunjungi kembali pada tahun depan.

Kegiatan rutin ini dilaksanakan dengan harapan agar sosok, karakter, keteladanan, dan pemikiran Bung Hatta dapat dicontoh oleh generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa di masa depan. Kegiatan rutin tahunan ini ditargetkan dapat terlaksana di seluruh wilayah di Provinsi Sumatera Barat.

Penulis : Mai Della Anglianti

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer : Tim Perpustakaan Keliling PPBH


Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image