Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Pendampingan Dan Evaluasi Workshop Budidaya Tanaman Hias

Bukittinggi - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menyelenggarakan kegiatan prioritas nasional dalam rangka Layanan Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial. Kegiatan yang diselenggarakan kali ini adalah Pendampingan Workshop Budidaya Tanaman Hias. Pendampingan Workshop Budidaya Tanaman Hias dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2022. Pendampingan ini bertempat di Balai Sidang Perpustakaan Bung Hatta, Novotel Bukittinggi. Peserta pendampingan berjumlah 75 orang yang terdiri dari penyuluh pertanian, kelompok wanita tani, kelompok tani tanaman hias, pelaku usaha tanaman hias dan umum.

Pendampingan ini dipandu oleh Rendy Oktriananda, S.I.Pus selaku pembawa acara. Acara diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Drs. Nur Karim, M.Hum.  Nur Karim menyampaikan bagaimana kita menggiat melalui keterampilan budidaya tanaman hias sebagai salah satu objek yang menjadi pemancing dalam berusaha. Di awal, mungkin secara teoritis sudah disampaikan. Pada hari ini, bagaimana setelah pendampingan di lapangan mungkin ada kendala atau permasalahan yang dihadapi baik melalui teknis pelaksanaan budidaya, tanaman, penjualan dan sebagainya yang akan dipertajam. Bapak/Ibu akan diberikan materi untuk memperkuat keyakinan untuk membudidayakan tanaman hias. Kita akan mengevaluasi dan mempertajam lagi supaya Bapak/Ibu tidak ragu lagi untuk menjalankan usaha budidaya tanaman hias. Saya memotivasi Bapak/Ibu agar semangat untuk berusaha walaupun rezeki sudah ada yang mengatur. Nur Karim membuka secara resmi acara Pendampingan Workshop Budidaya Tanaman Hias.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh 3 orang pakar/praktisi melalui tatap muka dan melalui video conference. Masing-masing pakar/praktisi diberikan waktu selama 30 menit untuk menyampaikan materi. Pendampingan peserta Workshop Budidaya Tanaman Hias telah berlangsung selama tiga (3) bulan dan pada hari ini dilaksanakan evaluasi terhadap hasil pendampingan. Materi pertama disampaikan oleh Handry Chuhairy melalui video conference. Beliau adalah Owner HAN Garden. Materi pertama dengan judul Menyiasati Permodalan dan Lahan Usaha Untuk Pengembangan Usaha Tanaman Hias. Beliau menyampaikan bahwa modal merupakan salah satu faktor yang penting untuk meningkatkan produktivitas usaha tanaman hias. Sampai saat ini modal masih menjadi permasalahan klasik yang belum terselesaikan. Hampir seluruh petani tanaman hias masih menggunakan sumber pembiayaan usaha yang berasal dari biaya sendiri. Beliau juga menyampaikan rumus-rumus untuk menetukan penerimaan usaha rumah tangga tanaman hias, produktivitas dan pendapatan usaha rumah tangga tanaman hias.

Materi kedua disampaikan oleh Anjariah, S.Pd melalui video conference. Beliau adalah Founder & CEO Delfawood. Materi kedua dengan judul Strategi Pemasaran di Masa Lesunya Daya Beli dan Minat Masyarakat Terhadap Tanaman Hias. Materi yang disampaikan terkait 6 cara yang dapat dilakukan untuk tetap dapat memasarkan tanaman hias di tengah sulitnya daya beli masyarakat terhadap hobi tanaman hias yang terdiri dari : Promosi yang menyenangkan, Pengurangan biaya, Melihat peluang baru, Kolaborasi, Fokus pada pelayanan serta Konsisten.

Materi ketiga disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS melalui tatap muka. Beliau adalah Dosen Fakultas Pertanian, Universitas Andalas. Materi ketiga dengan judul Memanfaatkan Potensi Tanaman Lokal untuk Keragaman Jenis Tanaman yang Akan Dijual. Materi yang disampaikan terkait Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Sangat Tinggi?, Keanekaragaman Hayati Indonesia, Domestikasi Tanaman Hias Liar/Hutan, Tanaman Hias Liar (Alocasia, Begonia, Scindapsus, Aglaonema, Pakis, Amydrium, Nepenthes, Caladium), Eksplorasi Tanaman Hias dan Peran Pemerintah.

Pendampingan ditutup oleh Koordinator Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan, Meindria, S.Sos, M.I.Kom beliau mengucapkan terima kasih kepada ketiga narasumber yang telah memberikan ilmu kepada kita semua dan berdiskusi dengan peserta. Terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara ini hingga berjalan lancar dan sukses. Saya mewakili panitia memohon maaf atas kekurangan acara hari ini. Semoga ilmu yang didapatkan oleh peserta dari workshop hingga pendampingan bermanfaat.

 

Penulis : Annisa Hidayatul Husna

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer : Basitungkin Media Production


Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image