Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Pemilihan Pemustaka Terbaik Tahun 2022

Bukittinggi – Kamis (11/8) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta telah melaksanakan kegiatan pemilihan pemustaka terbaik yang merupakan salah satu kegiatan yang diagendakan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dalam rangka menarik minat pemustaka untuk berkunjung dan menggunakan koleksi serta fasilitas yang tersedia di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi yang diberikan kepada pemustaka yang telah memanfaatkan fasilitas yang ada di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Kegiatan tes tertulis dan wawancara dibuka oleh Koordinator Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan, Meindria, S. Sos. M.I.Kom dan penjelasan mekanisme tes dan  indikator yang dijadikan acuan dalam Pemilihan Pemustaka Terbaik Tahun 2022 oleh Erni Zulfan S.Sn.

Apresiasi diberikan kepada pemustaka atas kunjungannya selama ini dalam memanfaatkan layanan perpustakaan di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Para pemustaka yang terpilih adalah mereka yang antusias datang berkunjung dan memanfaatkan fasilitas yang ada di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dengan positif dan penuh tanggung jawab. Indicator lain juga dilihat dari intensitas kunjungan, intensitas peminjaman, tertib dalam meminjam, pemahaman mengenai tata tertib atau aturan yang berlaku di  Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, dan pengetahuan tentang UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dan juga tentang Bung Hatta.

Pemustaka yang masuk nominasi sebanyak 12 orang berasal dari berbagai kalangan terdiri dari  mahasiswa, pelajar, guru, dosen, pegawai, pensiunan wiraswasta dan lain-lain. Pemilihan nominasi ditentukan dari hasil pengolahan data yang terkumpul mulai tanggal 1 Agustus 2021 hingga 31 Juli 2022 berupa data kunjungan, peminjaman dan pengembalian yang tersimpan di sistem otomasi perpustakaan (INLISLITE) yang terinput saat pengunjung melakukan transaksi.

Penentuan pemustaka terbaik melalui seleksi berupa tes tertulis dan wawancara, serta melalui pengamatan para pustakawan/pengelola perpustakaan, yaitu dengan mengamati aktivitasnya selama memanfaatkan layanan perpustakaan. Seleksi dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus dengan mengundang 12 pemustaka terpilih yang berhak ikut untuk tes tertulis kemudian dari hasil tes tertulis diambil 6 orang untuk tes wawancara. Kegiatan ini bertempat di ruang seminar UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Selanjutnya tes wawancara dilaksanakan di 2 tempat, yaitu di ruang Koleksi Bung Hatta dan di Ruang Koordinator. Peserta dipanggil satu persatu, dan yang lainnya menunggu pada tempat yang sudah disediakan. Ada 8 (delapan) pertanyaan yang sudah disiapkan oleh panitia, terkait pemahaman mengenai tata tertib atau aturan yang berlaku di  Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, pengetahuan tentang Bung Hatta dan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Penilaian terhadap hasil tes tertulis dan wawancara dilakukan oleh tim penilai pemustaka terbaik. Untuk memperoleh nama-nama pemustaka yang terpilih sebagai pemustaka terbaik ditentukan dengan rapat penetapan yang berpatokan kepada hasil tes tertulis, hasil wawancara dan melihat sikap keseharian pemustaka. Dari rapat penetapan diperoleh 3 nama-nama pemustaka terbaik.

Pengumuman untuk Pemustaka Terbaik UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta tahun 2022 yang dilaksanakan sekaligus Pegelaran Produk Inklusi Sosial dan Talkshow 120 Tahun Bung Hatta: Bangkit Bersama Literasi. Pemustaka terbaik menerima penghargaan yang sudah disediakan berupa selempang, piagam, plakat, dan apresiasi berupa barang. Penghargaan untuk pemustaka terbaik 1,2 dan 3 diserahkan oleh Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Drs. Nur Karim, M.Hum.

Dari kegiatan ini diharapkan akan menarik minat masyarakat untuk membaca dengan memberdayakan fasilitas yang ada di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta secara positif serta meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan.

 

Penulis      : Vyona

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer : Panitia Pemilihan Pemustaka Terbaik


Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image