Berita

Koleksi Bung Hatta - Berita - Literasi Trauma Healing Peduli Bencana Alam Lahar Dingin Sumatera Barat
Berita

Literasi Trauma Healing Peduli Bencana Alam Lahar Dingin Sumatera Barat

Bukittinggi- UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta bersama Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dan Rumah Baca Anak Nagari melaksanakan kegiatan Literasi Trauma Healing sebagai bentuk kepedulian perpustakaan kepada para korban terdampak bencana lahar dingin di Sumatera Barat. Kegiatan literasi trauma healing merupakan upaya perpustakaan memberikan penyembuhan sebagai proses pemulihan traumatis kepada para korban. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta hadir memberikan kebahagiaan dalam sebuah cerita informatif untuk membangkitkan semangat para korban dan mengikhlaskan setiap musibah yang terjadi.

Kegiatan literasi trauma healing dilaksanakan pada Sabtu, 8 Juni 2024 di SD Negeri 5 Galuang, Kabupaten Agam. Dalam sambutannya kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Leksi Hedrifa, S.Kom menyampaikan kepada murid-murid terdampak untuk kembali semangat dan jangan takut dengan kondisi yang ada. Leksi Hedrifa juga mengajak para murid berkunjung ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta untuk membaca buku dan bermain.

Setelah menyampaikan sambutan, Ketua IPI T. Syamsul Bahri menyerahkan donasi dari IPI kepada Wali Jorong Galuang secara simbolis, kegiatan dilanjutkan dengan literasi trauma healing. Pada kegiatan literasi trauma healing, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menampilkan dongeng dan Read Aloud yang dipandu oleh para pustakawan. Para murid mendengarkan dongeng dan cerita tentang Bung Hatta dengan antusias. Setelah itu, para murid diajak bermain menjawab pertanyaan kuis berhadiah mainan dan perlengkapan belajar. Kegiatan diakhiri dengan mengajak murid-murid membaca buku yang tersedia di mobil perpustakaan keliling UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta bersama tim kemudian mengunjungi Kantor Wali Nagari Bukik Batabuah untuk menyerahkan donasi kepada korban bencana. Sumbangan diterima langsung oleh tim penerima bantuan Bukik Batabuah dengan prosesi penandatanganan berita acara penyerahan donasi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kebahagian dan terpenuhinya kebutuhan para korban.

UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta melakukan open donasi kepada seluruh pegawai untuk membantu korban bencana, total dana yang terkumpul sebesar Rp 8.334.000.  Sebagian dana dialokasikan untuk membeli bingkisan dan hadiah dalam kegiatan trauma healing, sementara uang sejumlah Rp 5.000.000 diserahkan secara tunai. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta berusaha untuk terus hadir memberikan dampak langsung kepada seluruh masyarakat khususnya di Sumatera Barat.

 

Penulis : Hestianna
Fotografer : Arinda Nur'aini Marshepa
Penyunting : Maynardo Ricard

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image