Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Life at PPBH – Konten Kreatif Agen Perubahan Tahun 2022

Bukittinggi – Agen Perubahan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kembali dengan produk kreatifnya. Kali ini, produk kreatif yang dimaksud adalah sebuah rangkaian konten kreatif bertajuk “Life at PPBH”. Konten kreatif ini dipimpin produksinya oleh salah satu Agen Perubahan, Chonny Damayanti. Bersama dengan timnya, produksi untuk konten kreatif ini dimulai dari bulan Juni 2022.

Life at PPBH sebagai konten kreatif yang diproduksi secara mandiri oleh tim dari UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta memiliki beberapa sub-konten. Pertama ada Battle of, merupakan konten dimana para pustakawan, pemustaka dan pegawai UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta akan diadu untuk menjawab trivia question. Bertujuan untuk mengetahui pengetahuan pustakawan, pegawai dan pemustaka mengenai topik tertentu. Selanjutnya adalah Askawan, singkatan dari Ask Pustakawan atau Tanya Pustakawan. Dalam konten ini pustakawan akan diberikan beberapa pertanyaan mengenai pengetahuan umum maupun khusus mengenai topik-topik tertentu. Dikemas dengan menarik dan menghibur namun tetap bernilai pengetahuan. Sub-konten ketiga adalah Asktaka, singkatan dari Ask Pemustaka atau Tanya Pemustaka. Hampir sama dengan Astaka, namun yang ditanya merupakan pemustaka Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Sub konten terakhir adalah Libvlog atau Library in a video blog. Terinspirasi dari konten a day in my life milik creator TikTok, sub konten ini berisi video singkat mengenai keseharian pustakawan atau pegawai bagian lainnya yang menunjang kinerja sebuah perpustakaan, khususnya Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Sub konten pertama dari konten Life at PPBH ini sudah dirilis berkenaan dengan peringatan hari lahir ke-120 tahun Bung Hatta pada 12 Agustus 2022. Adapun konten yang dirilis adalah Battle of Ke-Bung Hatta-an yang dapat ditonton melalui tautan https://youtu.be/EjgFprdHB2o. Selanjutnya akan dirilis konten-konten lainnya setiap bulannya dimulai dari bulan Agustus. Diharapkan dengan adanya konten kreatif ini dapat menunjang tujuan Perpustakaan itu sendiri dalam memberikan pengetahuan-pengetahun baru kepada masyarakat, tentunya dikemas dengan gaya kekinian dan tidak membosankan.

 

Penulis : Rendy Oktriananda
Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image