Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Kunjungan SD Lebah Pembelajar Bukittinggi Ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta

Bukittinggi - Selasa (19/7) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menerima kunjungan dari SD Lebah Pembelajar Bukittinggi yang dipimpin langsung oleh wali kelas Novia Triani Gusman. Ada 29 siswa yang didampingi oleh 5 orang Guru. Kunjungan ini merupakan agenda tahunan dari SD Lebah Pembelajar Bukittinggi.

 

Dalam kesempatan ini, Meindria selaku Koordinator Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan, Vyona petugas Ruang Layanan Anak, dan Rahmi Yanti selaku Security Perpustakaan mewakili penyambutan rombongan yang datang. Para siswa diterima di lobby atas perpustakaan dengan menyapa dan menjelaskan secara garis besar aturan kunjungan serta beberapa bagian perpustakaan.

 

Para siswa berpakaian bebas. Kunjungan ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 dengan pembatasan jumlah keramaian. Setiap kelompok masuk secara bergantian. Sebelum memasuki perpustakaan, siswa mengantri untuk cek suhu dan memakai handsanitizer yang telah disediakan perpustakaan. Selanjutnya mengisi buku tamu yang diwakili oleh masing-masing guru pendamping. Para siswa langsung diarahkan ke ruang baca anak untuk mengikuti pemaparan yang dilakukan oleh petugas layanan anak.

 

Kegiatan pertama diawali dengan pemutaran video virtual library tour UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta melalui televisi ruang anak. Selanjutnya pemaparan tata tertib di perpustakaan oleh petugas yang terdiri dari wajib mengisi buku pengunjung yang telah disediakan, dilarang makan dan minum di dalam perpustakaan, menjaga kebersihan perpustakaan, menjaga ketenangan di dalam ruangan perpustakaan dengan tidak saling mengobrol atau membuat kegaduhan, meletekkan Kembali koleksi yang telah dibaca pada tempat yang disediakan, dan tidak membuang sampah di sembarang tempat, serta yang paling utama mengembalikan koleksi yang dipinjam tepat pada waktunya.

 

Acara dilanjutkan dengan pemaparan tentang pentingnya menjaga  koleksi perpustakaan. Seringkali pada koleksi perpustakaan terlihat coretan, gambar, atau tulisan yang merusak. Ini merupakan suatu bentuk vandalisme. Vandalisme perpustakaan adalah suatu kegiatan merusak atau penyalahgunaan koleksi bahan Pustaka yang disebabkan oleh perbuatan manusia. Hal yang termasuk dalam vandalisme perpustakaan adalah melipat halaman buku, menyobek halaman buku, mencoret-coret atau menandai halaman buku menggunakan ballpoint, stabillo, pensil warna, dan sebagainya, membasahi buku, dan tidak mengembalikan buku tepat waktu juga termasuk dalam vandalisme di perpustakaan. Ini akan berdampak pada kerusakan fisik buku, informasi buku tidak tersampaikan secara maksimal.

 

Para siswa juga dijelaskan tentang pemakaian koleksi secara benar yaitu, menggunakan pembatas buku sebagai tanda batas baca, fotokopi halaman buku yang dibutuhkan, menulis topik penting pada buku tulis pribadi, usahakan agar buku tidak terkena air, dan terakhir mengembalikan buku pinjaman tepat waktu. Para siswa diajak untuk merawat buku perpustakaan dengan cara menggunakan buku secara baik. Dipenghujung acara siswa juga diberikan beberapa pertanyaan dan di jawab dengan cara mengangkat tangan bagi siswa yang bisa menjawab. Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

 

Kegiatan kunjungan perpustakaan ini merupakan salah satu program yang ditawarkan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta  kepada masyarakat. Tujuan dari layanan kunjungan sebenarnya untuk memperkenalkan anak-anak pada perpustakaan, bagaimana aturan dalam berkunjung ke perpustakaan, menumbuhkan minat baca sejak dini sekaligus sebagai rekreasi edukatif bagi anak-anak. Diharapkan dari mereka inilah lahir generasi Bung Hatta penerus bangsa yang akan melanjutkan perjuangan sang Proklamator Indonesia.

 

 

Penulis : Vyona
Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image