Berita

Koleksi Bung Hatta - Berita - Kunjungan SD IT Madani Payakumbuh Ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta
Berita

Kunjungan SD IT Madani Payakumbuh Ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta

Pada tahun 2023, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menerima kunjungan dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Madani Islamic School Payakumbuh yang dipimpin oleh Kepala Sekolah, Wahid Nova Putra. Rombongan kunjungan berjumlah 78 siswa beserta 9 orang guru pendamping. Kunjungan ini merupakan kegiatan Outing Class SD IT Madani Islamic School Payakumbuh untuk mengunjungi Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

Pada kesempatan ini, Meindria selaku Ketua Pokja Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan, Vyona petugas Ruang Layanan Anak, dan Rahmi Yanti selaku Security Perpustakaan mewakili penyambutan rombongan yang datang. Para siswa diterima di lobi atas perpustakaan, lalu diberikan arahan terkait tata tertib selama berkunjung serta dijelaskan juga informasi mengenai layanan yang ada di perpustakaan

Para siswa berpakaian lengkap dan formal merah putih dengan rompi kotak-kotak merah. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok masuk secara bergantian. Selanjutnya mengisi buku tamu yang diwakili oleh masing-masing guru pendamping.

Rombongan diarahkan ke ruang layanan anak. Di ruangan ini, siswa siswi membaca buku cerita dan bermain permainan edukasi. Lalu setiap kelompok bergantian tour keliling perpustakaan yaitu ke Ruang Galeri Bung Hatta, Ruang Baca Umum lantai atas dan lantai bawah, dan Ruang Referensi. Di Ruang Galeri Bung Hatta, para siswa antusias berfoto dengan patung replika Bung Hatta yang duduk di meja. Patung ini adalah salah satu bentuk implementasi dalam mengenang Sang Proklamator dan mengenalkan sosok Bung Hatta kepada para pengunjung khususnya para generasi penerus bangsa. Berbagai layanan lain perpustakaan dikenalkan pada anak-anak agar mereka mengetahui manfaat dari fasilitas perpustakaan, dengan berkunjung ke perpustakaan anak-anak akan mendapatkan wawasan baru dan dapat bermain sekaligus belajar.

Kegiatan kunjungan ini juga  merupakan salah satu program yang ditawarkan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kepada masyarakat. Tujuan dari layanan kunjungan yakni untuk memperkenalkan anak-anak pada perpustakaan, menumbuhkan minat baca serta menjadikan perpustakaan sebagai tempat rekreasi edukatif bagi anak-anak. Diharapkan dari mereka inilah lahir generasi Bung Hatta yang akan melanjutkan perjuangan Sang Proklamator Indonesia.

Penulis : Vyona 
Penyunting : Siti Robiah
Fotografer : Muhammad Ikhbal

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image