Berita

Koleksi Bung Hatta - Berita - Kunjungan Pengelola Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta
Berita

Kunjungan Pengelola Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta

Bukittinggi- UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menerima kunjungan pengelola Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta pada Kamis 6 Juni 2024. Kepala UPT Leksi Hedrifa, S. Kom menerima pengelola Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta yang dipimpin Beta Ayu Listyorini. Beta Ayu merupakan Pamong Budaya Substansi Permuseuman. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta sendiri berada di bawah pengelolaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi.

Bertempat di ruang transit, Kepala UPT didampingi Kasubbag Tata Usaha, Ketua Pokja Layanan Kerjasama dan Informasi, Ketua Pokja Pengembangan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, dan Pustakawan Ahli Madya. Beta Ayu menyampaikan tujuannya berkunjung adalah untuk bersilaturahmi dan berdiskusi perihal arsip-arsip yang berkaitan dengan Proklamator Bung Hatta.

Rumah Kelahiran Bung Hatta merupakan sebuah museum yang berada di Jalan Soekarno Hatta, Bukittinggi. Museum ini menjadi salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki Kota Bukittinggi. Pada tahun 2020, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta pernah memberikan sejumlah buku hibah kepada Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta dalam rangka peringatan hari lahir Bung Hatta.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan hangat tersebut, Beta Ayu menyampaikan agenda dan kegiatan yang dijalankan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, serta kemungkinan untuk dapat dikolaborasikan dengan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Kedua Lembaga diharapkan bisa bersinergi, mengingat keduanya mengusung Bung Hatta sebagai nama resmi lembaga. Salah satu momen yang tepat adalah perayaan hari lahir Bung Hatta yang jatuh setiap tanggal 12 Agustus.

Seusai beramah-tamah, Beta Ayu dan staf pengelola Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta berkunjung ke Ruang Galeri Bung Hatta. Galeri ini merupakan ruang khusus untuk penyimpanan koleksi-koleksi Kebunghattaan. Dipandu oleh Erni Zulfan selaku Pustakawan Ahli Madya, para pengelola museum melihat koleksi foto yang merekam riwayat Bung Hatta, beserta buku-buku karya Sang Proklamator semasa hidup.

 

Penulis : Johar Dwiaji Putra
Fotografer : Johar Dwiaji Putra
Editor : Maynardo Ricard

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image