Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Kepala Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Hadiri Seminar Edukasi tentang Ketokohan Bung Hatta

Bukittinggi - Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Nur Karim melakukan kunjungan ke Istana Bung Hatta pada Jumat (12/8). Kunjungan ini dalam rangka menghadiri seminar edukasi tentang ketokohan Bung Hatta. Nur Karim didampingi Koordinator Layanan Meindria, Koordinator Pengembangan Afrison, dan Humas Johar Dwiaji.

Seminar tentang ketokohan Bung Hatta ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan tersebut memiliki momen yang pas, lantaran diadakan bertepatan dengan peringatan hari lahir ke-120 tahun Bung Hatta. Bung Hatta yang mempunyai nama kecil Mohammad Athar, adalah putra asli Minangkabau. Bersama Ir.Soekarno, Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945. Tidak hanya sebagai proklamator, Bung Hatta juga ditunjuk menjadi Wakil Presiden pertama dalam sejarah berdirinya negara ini.

Seminar edukasi ini membawa tagline ‘Generasi Muda Mengenal Lebih Dekat Ketokohan Bung Hatta’. Untuk itu, peserta seminar yang hadir di Istana Bung Hatta adalah siswa SMP dan SMA yang ada di wilayah Kota Bukittinggi. Seminar ini menjadi semakin istimewa, karena ketiga putri Bung Hatta hadir di tengah-tengah peserta. Mereka adalah Meutia Hatta yang bertindak sebagai narasumber. Meutia didampingi kedua adiknya, yakni Gemala Hatta dan Halida Hatta. Selain itu, turut hadir Prof. Sri Edi Swasono yang merupakan suami Meutia Hatta.

Seminar dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat Syaifullah. Bertindak sebagai moderator adalah Fadhli Junaidi. Meutia Hatta memaparkan sejarah dan perjalanan hidup sang ayahanda kepada segenap peserta seminar. Hal ini menjadi momen yang penting, karena peserta seminar yang notabene adalah generasi muda wajib untuk mengetahui siapa itu Bung Hatta. Tidak hanya sekadar tahu, namun juga memahami perjuangan yang telah dilakukan oleh beliau, dalam konteks sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Kegiatan seminar semakin semarak tatkala Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy berkesempatan hadir di Istana Bung Hatta. Orang nomor dua di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat ini, menyampaikan salam takzimnya kepada ketiga putri Bung Hatta. Audy menuturkan kebanggaannya atas ketokohan Bung Hatta yang menjadi representasi utama masyarakat Minang di pentas kenegaraan Indonesia.

“Bung Hatta memang telah lama tiada. Namun warisan pemikirannya akan tetap langgeng seiring berjalannya bangsa ini,” ucap Audy kepada seluruh peserta seminar.

 

Penulis : Johar Dwiaji Putra
Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo
Fotografer : Johar Dwiaji Putra

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image