Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Kegiatan Sosialisasi KeBungHattaan Tahun 2022 Berakhir di SDN 28 Padang Sarai

Padang – Selasa (8/11), UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta berkolaborasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang melakukan kegiatan Sosialisasi keBungHattaan ke Sekolah Dasar Negeri 28 Padang Sarai, Kecamatan Lubuk Buaya Kota Padang. Kegiatan tersebut terdiri dari pemutaran film animasi tentang biografi Bung Hatta, layanan baca di tempat, dan layanan Read Aloud (membaca nyaring). Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat gemar membaca kepada murid-murid sejak dini, serta memperkenalkan sosok dan karakter salah satu Pahlawan Nasional dari Sumatera Barat yakni Bung Hatta.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok belajar. Kelompok pertama dengan  kegiatan pemutaran film animasi biografi Bung Hatta diikuti oleh 100 orang murid kelas 5 dan 6 beserta guru pendamping. Murid-murid sangat antusias menonton film biografi Bung Hatta sambil mencatat informasi yang disampaikan dalam film tersebut. Setelah menonton, kegiatan dilanjutkan dengan kuis seputar film Bung Hatta yang telah ditayangkan. Bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan kuis berhak mendapatkan hadiah menarik seperti tumblr atau botol minum, kotak bekal makanan, baju kaos, bantal leher, dan payung. Kelompok kedua dengan kegiatan layanan Read Aloud diikuti oleh murid-murid kelas 3. Pada kegiatan ini, pustakawan membacakan buku cerita anak di depan kelas. Murid-murid sangat antusias mendengarkan dan menyimak cerita yang disampaikan.

Kepala SDN 28 Padang Sarai, Gusven Hayati, S.Pd mewakili pihak sekolah sangat bersyukur karena sekolah tersebut dipilih sebagai lokus kegiatan sosialisasi keBungHattaan dan Read Aloud. Kepala SDN 28 Padang Sarai menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Tim UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang dalam upaya meningkatkan literasi di sekolahnya. Pihak sekolah berharap kegiatan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi anak-anak sehingga dapat lebih mencintai buku dan gemar membaca. Selain itu dengan adanya penayangan film Bung Hatta, anak-anak menjadi lebih mengenal salah satu pahlawan dan juga salah seorang Bapak Proklamator kita yaitu Mohammad Hatta.

Nadifa Arora, salah seorang murid kelas 6B menyampaikan rasa senang karena adanya kunjungan perpustakaan keliling dan pemutaran film animasi Bung Hatta di sekolahnya sehingga dapat menambah wawasan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, dr. Ferimulyani Hamid, M.Biomed sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dengan melakukan pemberdayaan perpustakaan dan sosialisasi keBungHattaan di Kota Padang. Kolaborasi bersama Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Padang diharapkan dapat berlanjut dan ruang lingkupnya diperluas terutama untuk anak-anak tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Kegiatan sosialisasi perpustakaan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta ini akan terus berlanjut mengunjungi sekolah-sekolah lainnya dengan berkoordinasi dan berkolaborasi bersama dinas – dinas dan instansi terkait.

 

Penulis : Siti Robiah

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer : Tim Perpustakaan Keliling


Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image