Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Humas Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Fasilitasi Sosialisasi Penyakit Kanker untuk Seluruh Pegawai

Bukittinggi - Patut disyukuri, pandemi Covid-19 perlahan mulai melandai. Jumlah kasus positif yang terus menurun, menjadi bukti bahwa kedisiplinan untuk menerapkan berbagai protokol kesehatan adalah kunci utama untuk mengendalikan penyebaran penyakit ini. Imbasnya, kegiatan yang mengumpulkan orang di sebuah ruangan mulai longgar untuk dilaksanakan. Berbagai lembaga mulai berani untuk mengadakan acara secara tatap muka alias onsite.

Begitu juga dengan Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Sejak beberapa waktu terakhir, Perpustakaan Proklamator Bung Hatta rutin menyelenggarakan sejumlah workshop. Workshop ini merupakan implementasi dari layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, yang mana ditargetkan untuk segenap masyarakat dari berbagai kalangan.

Bagian Humas Perpustakaan Proklamator Bung Hatta tidak ketinggalan untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan. Seperti yang telah dilakukan pada Jumat (5/8). Para pegawai melaksanakan olah raga rutin yakni senam pagi bersama. Seusai senam, para pegawai ‘digiring’ untuk menuju Ruang Seminar.

Para pegawai dipersilakan untuk mengikuti sosialisasi yang disuguhkan oleh Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia. Sebagai narasumber, hadir Putri Pratiwi. Beliau memaparkan kepada audiens, terkait pengetahuan soal kanker dan tumor. Seperti apa pemicu terjadinya kanker. Apa saja aktivitas sehari-hari yang bisa menyulut adanya kanker. Kemudian bagaimana cara-cara mendeteksi gejala awal dari sebuah kanker.

“Perlu diketahui oleh Bapak Ibu semua. Kanker bisa menyerang siapa pun. Bapak-bapak dapat terkena kanker prostat. Sedangkan Ibu-ibu bisa terkena kanker payudara atau kanker serviks,” sebut Putri dengan lugas kepada peserta sosialisasi di Ruang Seminar.

Para pegawai terlihat antusias dengan jalannya sosialisasi ini. Terlebih dengan adanya sesi praktik sederhana, bagaimana cara mengecek secara mandiri gejala adanya kanker payudara. Kanker payudara tidak hanya menyerang kaum hawa. Namun, pria pun bisa mengalaminya.

Johar Dwiaji selaku Humas dan mewakili segenap jajaran, menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia atas kegiatan sosialisasinya kepada segenap pegawai Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk kolaborasi antarlembaga, untuk bersama meningkatkan kadar literasi di tengah masyarakat. Khususnya kesadaran mengenai isu-isu yang berkaitan dengan masalah kesehatan dan kesejahteraan.  

“Saya selaku pelaksana Humas, hanya ingin menyediakan ruang bagi pihak eksternal. Khususnya kepada Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia, untuk memberikan pengetahuan kepada pegawai Perpustakaan Bung Hatta. Bagi saya pribadi, isu kesehatan perlu mendapatkan concern dari kita semua,” ujar Johar seraya menutup kegiatan sosialisasi terkait kanker dan tumor tersebut.

Penulis : Johar Dwiaji Putra
Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo
Fotografer : Johar Dwiaji Putra

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image