Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Hari Lahir Ke-120 Tahun Bung Hatta

Bukittinggi - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kembali mengadakan kegiatan Sosialisasi Ke-Bung Hatta-an melalui Perpustakaan Keliling dengan kegiatan pemutaran film animasi Bung Hatta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari lahir ke-120 tahun Bung Hatta sekaligus memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengenalkan kembali sosok dan keteladanan Bung Hatta serta sekaligus mengenang perjuangannya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia kepada generasi muda.

Pada Jumat 12 Agustus 2022 bertepatan dengan hari kelahiran Bung Hatta, UPT Perpustakaan Prokalamator Bung Hatta mengunjungi Sekolah Dasar Negeri 04 Garegeh kota Bukittinggi. Acara dibuka dengan sambutan ibu Lindawati, mewakili kepala sekolah. Pihak sekolah merasa senang dan berterima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk menonton film tentang biografi Bung Hatta. Banyak sekali manfaat yang didapat setelah menonton film Bung Hatta, salah satunya adalah bertambahnya pengetahuan murid-murid mengenai sejarah tentang Proklamator yaitu Bung Hatta. Pihak sekolah berharap mendapat kesempatan untuk kegiatan serupa di masa yang akan datang.

Kegiatan dilanjutkan dengan NOBAR (menonton bareng) film animasi Bung Hatta bersama 100 orang murid-murid kelas empat dan lima yang didampingi para guru. Selama acara berlangsung semua murid terlihat serius menonton. diakhir kegiatan para siswa ditantang untuk dapat menceritakan kembali tentang film yang mereka tonton, selain itu juga kuis berhadiah menarik.

Setelah SD Negeri 04 Garegeh, kegiatan sosialisasi keBungHattaan dilanjutkan ke SD Negeri 06 ATTS kota Bukittinggi pada tanggal 15 Agustus 2022. Sama halnya dengan kegiatan sebelumnya, pada kunjungan ini UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta melakukan pemutaran film animasi Bung Hatta kepada murid kelas dua, tiga, empat, lima, dan enam yang berjumlah 100 orang beserta para guru.

Kepala sekolah SDN 06 ATTS, Darnelis menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus dalam memotivasi murid-murid untuk menonton film tentang kepahlawanan. Diharapkan kegiatan ini dapat berlanjut pada masa yang akan datang sehingga para murid mendapatkan ilmu dan pengetahuan terkait karakter serta keteladanan dari sosok atau figur pada tokoh bangsa salah satunya Bung Hatta.

Kegiatan sosialisasi ini terlaksananya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker. Kegiatan rutin ini dilaksanakan dengan harapan agar sosok dan karakter Bung Hatta kepada generasi muda sehingga akan lahir para penerus Bung Hatta di masa depan.

Selain sosialisasi, UPT Perpustakaan Prokalamator Bung Hatta juga mengadakan kegiatan Nonton Bareng di Mini Theater UPT Perpustakaan Prokalamator Bung Hatta. Film yang diputar bertema kemerdekaan yang sarat akan nilai-nilai kebangsaan. Para pengunjung perpustakaan dapat menikmati layanan nonton bareng ini selama bulan Agustus.

 

Penulis        : Mai Della Anglianti

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer   : Tim Promosi PPBH


Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image