Berita

Perpustakaan Nasional RI
Artikel

Focus Group Discussion Workshop Produk Kreatif Kertas Bekas

Bukittinggi – Selasa (5/7) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Workshop Produk Kreatif Bahan Kertas Bekas. Workshop ini merupakan salah satu kegiatan dari 6 kegiatan Prioritas Nasional Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang akan dilaksanakan untuk mencapai target kinerja yang sudah ditetapkan bagi UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

 

FGD dilaksanakan di Ruang Seminar UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. FGD dihadiri oleh pakar/praktisi, Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Pejabat Struktural dan Fungsional UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta serta panitia pelaksana Workshop Produk Kreatif Bahan Kertas Bekas. Adapun pakar/praktisi yang hadir adalah Drs. Noverdi Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Tenaga Kerja (PTSPPTK) Kota Bukittinggi, Amrizal, S.Pd, M.A Dosen Pendidikan Kriya Seni ISI Padang Panjang, Reza Mahmud Rauf, STP Founder Komunitas Peri Kertas, Putri Ayu Pratami CEO Ichinogami Papercraft Expert  dan Aling Nur Naluri Founder/ CEO Salam Rancage.

 

FGD dimulai oleh Salsabil Rahmawati Kasella, A.Md selaku pembawa acara. Acara dilanjutkan dengan sambutan Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Drs. Nur Karim, M.Hum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa FGD ini untuk menghasilkan petunjuk teknis pelaksanaan Workshop Produk Kreatif Bahan Kertas Bekas. Kegiatan workshop yang akan dilaksanakan ini dapat memberikan lapangan kerja baru dan dapat menambah kehidupan perekonomian di Kota Bukittinggi. Disebutkan juga bahwa dengan hadirnya para narasumber yang sudah ahli dibidangnya, diharapkan mampu memberikan alternatif pengetahuan baru sehingga tercipta produk oleh – oleh khas Kota Bukittinggi yang lebih variatif. Dan semoga kegiatan workshop ini dapat berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Selanjutnya acara dibuka secara resmi oleh Nur Karim.

 

Noverdi menambahkan, bahwa beliau mengapresiasi kegiatan ini, karena selaras juga dengan visi misi dari pemerintah Kota Bukittinggi pada periode ini. Salah satu yang menjadi fokus pemerintah adalah ekonomi kreatif. Kegiatan Workshop Produk Kreatif Bahan Kertas Bekas ini dapat menjadi salah satu alternatif mendorong ekonomi kreatif yang ada di Kota Bukittinggi untuk semakin maju dan berkembang. Noverdi juga mengatakan bahwa saat ini produk – produk kreatif yang ada disekitar Kota Bukittinggi kebanyakan bersifat adat, dengan adanya Workshop Produk Kreatif Bahan Kertas Bekas yang salah satu temanya membuat papercraft jam gadang. Pembuatan produk dari koran bekas juga tak kalah kreatifnya, yang mana seperti kita tahu koran sangat mudah didapatkan di lingkungan kita. Peserta juga diharapkan untuk bisa melek teknologi agar dapat menunjang kegiatan yang akan dilangsungkan nantinya.

 

Pembahasan materi FGD dipandu oleh Christyawan Ridanto Pitoyo, S.Kom selaku moderator. FGD ini membahas mengenai pemantapan persyaratan peserta, kriteria seleksi, pendaftaran peserta, rancangan materi workshop, pendampingan dan evaluasi.

 

Adapun kegiatan Workshop Produk Kreatif Bahan Kertas Bekas akan dilaksanakan pada tanggal 22 – 24 Agustus 2022 bertempat di Balai Sidang Bung Hatta, Novotel Bukittinggi.

 

Penulis : Vyona
Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo
Fotografer : Basitungkin Media Production

Galeri Berita


Image Image Image Image Image Image Image