Berita

HASIL SURVEY KEPUASAN PEMUSTAKA UPT PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG HATTA TAHUN 2020

  • 21DES2020 0
posted by Christyawan Ridanto Pitoyo, S.Kom

Bukittinggi - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta sebagai instansi yang bergerak dalam pemberian jasa informasi terhadap pemustakanya menerapkan standar-standar pelayanan. Salah satunya adalah International Organization for Standarzation (ISO) 9001:2015 yang bertaraf internasional sebagai salah satu acuan dalam memberikan pelayanan prima. Hal tersebut dilakukan agar harapan pemustaka dalam menerima layanan yang diberikan dapat terpenuhi sesuai dengan realita di lapangan. Bertemunya harapan pemustaka dengan realita layanan yang didapatkan akan memunculkan kepuasan pemustaka. Untuk mengukur apakah pelayanan yang diberikan sudah memenuhi harapan pemustaka maka dilakukanlah survei tingkat kepuasan pemustaka. Selain itu, pengukuran tingkat kepuasan pemustaka ini dilakukan sebagai salah satu bahan evaluasi dalam memberikan layanan prima.

Pengukuran tingkat kepuasan pemustaka menggunakan metode survei. Jumlah populasi diambil dari rata-rata kunjungan tahun 2019, yaitu 116.717, dengan rata-rata perhari sebanyak 325. Maka, populasi ditetapkan 325. Populasi dianggap homogen dengan pertimbangan setiap pemustaka ingin mendapatkan layanan yang optimal. Maka dari itu pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dimana setiap populasi dapat dijadikan sampel karena memiliki kecendrungan homogen. Suharsimi Arikunto (2010, 112) menyebutkan jika populasi berjumlah lebih dari 100, maka dapat diambil sampel bertingkat dari 10%-15%, 20%-25%, bahkan lebih. Berangkat dari itu, maka jumlah sampel yang diambil dalam survei kali ini sebanyak 25% dari populasi, yaitu sebanyak 82. Teknik pengumpulan data yang menggunakan kuisioner. Angket yang digunakan berjenis angket tertutup dengan bentuk checklist. Kuisioner disebar kepada responden dalam rentang waktu 1 (satu) minggu dari tanggal 3 – 10 Juli 2020.

Data diolah melalui 3 tahapan. Tahapan pertama yaitu persiapan. Langkah ini dilakukan dengan memeriksa nama dan kelengkapan identitas sampel sekaligus memperhitungkan kelayakan data untuk diolah. Tahapan selanjutnya adalah Tabulasi. Tabulasi merupakan tahapan pengelompokan data ke dalam tabel frekuensi. Tahapan ini berguna untuk mempermudah analisis data. Tahapan tabulasi meliputi coding, yaitu memberi kode untuk setiap data yang telah diteliti. Tahapan terakhir yaitu perhitungan. Perhitungan tingkat kepuasan pemustaka dilakukan dengan mencari kategori Baik yaitu hasil pengurangan jawaban Sangat Puas dan Puas dengan jawaban Kurang Puas dan Tidak Puas. Kategori baik kemudian dibagi jumlah nilai Kriterium. Nilai kriterium merupakan skor maksimum jika semua jawaban responden termasuk ke dalam kategori Baik. Kategori baik kemudian dibagi dengan nilai kriterium untuk mendapatkan persentase tingkat kepuasan pemustaka.

Penilaian kepuasan pemustaka sendiri dibagi ke dalam 4 penilaian, yaitu penilaian terhadap koleksi perpustakaan, penilaian terhadap pelayanan petugas perpustakaan, penilaian terhadap jenis-jenis layanan, dan terakhir penilaian terhadap sarana dan prasarana perpustakaan. Masing-masing bagian penilaian dibagi lagi menjadi beberapa indikator sehingga didapatkan hasil kepuasan pemustaka dalam bentuk persentase.

Penilaian terhadap koleksi perpustakaan terbagi atas kategori; ketersediaan koleksi dengan hasil penilaian sebesar 78,049%, kemudahan menemukan koleksi dalam katalog/ OPAC dengan hasil penilaian sebesar 80,048%, tata letak rak buku, meja baca dan interior perpustakaan dengan hasil penilaian sebesar 87,805%, keragaman/ variasi jenis koleksi dengan hasil penilaian sebesar 80,488%, dan kemutakhiran koleksi secara umum dengan hasil penilaian sebesar 92,983%. Akumulasi hasil survei responden pada indikator penilaian kepuasan pemustaka terhadap Koleksi Perpustakaan sebesar 83,902%.

Penilaian terhadap pelayanan petugas perpustakaan terbagi atas kategori; keramahan/ sikap petugas dalam melayani dengan hasil penilaian sebesar 100%, inisiatif dalam membantu pengunjung dengan hasil penilaian sebesar 95,122%, penguasaan terhadap koleksi perpustakaan dengan hasil penilaian sebesar 92,683%, ketersediaan petugas dalam melayani dengan hasil penilaian sebesar 97,561%, dan respon Petugas terhadap keluhan, saran dan kritik dengan hasil penilaian sebesar 100%. Akumulasi hasil survei responden pada indikator penilaian kepuasan pemustaka terhadap Pelayanan Petugas Perpustakaan sebesar 97,073%.

Penilaian terhadap jenis-jenis layanan terbagi atas kategori; pembuatan kartu anggota dan peraturannya dengan hasil penilaian sebesar 100%, pengetahuan koleksi dan ketanggapan petugas bagian informasi dengan hasil penilaian sebesar 97,561%, kecepatan pelayanan bagian peminjaman dan pengembalian buku dengan hasil penilaian sebesar 100%, kemudahan mengakses koleksi di bagian referensi dengan hasil penilaian sebesar 90,244%, dan ketersediaan dan kemutakhiran koleksi buku anak dengan hasil penilaian sebesar 92,683%. Akumulasi hasil survei responden pada indikator penilaian kepuasan pemustaka terhadap Jenis Layanan sebesar 96,098%.

Penilaian terhadap sarana dan prasarana perpustakaan terbagi atas kategori; kenyamanan ruang baca (penerangan, sirkulasi udara & stopkontak) dengan hasil penilaian sebesar 100%, kebersihan ruang baca dengan hasil penilaian sebesar 100%, kenyamanan tempat penitipan barang (locker) dengan hasil penilaian sebesar 100%, penataan lingkungan secara keseluruhan 100%, kebersihan toilet dengan hasil penilaian sebesar 95,122%, tempat ibadah (musholla) dengan hasil penilaian sebesar 97,561%, dan akses internet (wi-fi) dengan hasil penilaian sebesar 73,171%. Akumulasi hasil survei responden pada indikator penilaian kepuasan pemustaka terhadap Sarana Prasarana Perpustakaan sebesar 95,122%.

Berdasarkan hasil tersebut, tingkat kepuasan pemustaka tahun 2020 diketahui sebesar 93,237%. Angka tersebut melebihi target respon pemustaka pada sasaran mutu yaitu 85% dan naik sebesar 0,237% dari tahun sebelumnya. Akan tetapi, masih terdapat beberapa indikator penilaian dengan hasil dibawah target respon pemustaka. Diantaranya adalah, penilaian terhadap koleksi perpustakaan dengan indikator; ketersediaan koleksi, kemudahan menemukan koleksi dalam katalog, dan keragaman koleksi; serta penilaian terhadap sarana prasarana perpustakan dengan infikator akses internet. Maka dari itu UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta perlu melakukan evaluasi berkaitan dengan koleksi perpustakaan. Evaluasi dilakukan dalam hal pencocokan data ketersediaan koleksi di sistem dengan yang sebenarnya. Hal ini akan berdampak pada kemudahan pemustaka dalam menemukan buku. Kajian lainnya juga perlu dilakukan dalam hal pengadaan koleksi dan/atau pengelohan koleksi sehingga koleksi yang dilayankan beragam sesuai dengan kebutuhan pemustaka. Kemudian, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta perlu meningkatkan akses internet mengingat kebutuhan masyarakat yang berkembang dalam pemanfaatan akses internet.
Author : Rendy Oktriananda
Editor : Desi Ratnasari



0 Comments

Leave a comment

Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 352833
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia