Artikel

Rapat Penentuan Calon Peserta Workshop Karya Tulis Imiah Populer tentang Bung Hatta

Bukittinggi - Suasana Idulfitri yang kental dengan nuansa liburan, tidak menyurutkan para pegawai Perpustakaan Proklamator Bung Hatta untuk kembali bertugas memberikan pelayanan kepada segenap masyarakat. Terhitung sejak Senin (9/5) layanan Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kembali dibuka untuk menyambut para pemustaka yang hendak memanfaatkan berbagai buku yang dimiliki oleh perpustakaan yang berdiri kokoh di Gulai Bancah, Bukittinggi, tersebut.

 

Seusai menikmati libur Lebaran, para pegawai Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kembali melakukan berbagai aktivitas. Di antaranya adalah mempersiapkan kegiatan workshop-workshop, sebagai perwujudan program perpustakaan berbasis inklusi sosial. Salah satu workshop yang telah mulai berjalan adalah workshop karya tulis ilmiah populer tentang Bung Hatta.

 

Workshop karya tulis ilmiah populer tentang Bung Hatta telah melaksanakan focus group discussion pada Maret lalu. Tahap berikutnya telah dibuka pendaftaran untuk menjaring peserta workshop pada 1 April sampai dengan 9 Mei 2022. Calon peserta diminta mengirimkan satu karya tulisannya berupa artikel bertema bebas. Artikel ini digunakan sebagai bahan penilaian untuk menentukan apakah si calon peserta laik lolos atau tidak.

 

Pendaftaran calon peserta workshop karya tulis telah resmi ditutup pada 9 Mei 2022. Workshop karya tulis yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Proklamator Bung Hatta ini terbilang menarik perhatian banyak kalangan. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme calon peserta yang mengirimkan karyanya untuk bisa lolos menjadi peserta workshop. Sebanyak 119 naskah artikel berhasil terkumpul hingga sesi penutupan pendaftaran.

 

Setelah penutupan pendaftaran calon peserta, tahap selanjutnya adalah seleksi untuk menentukan artikel mana sajakah yang laik untuk lolos. Pada tahapan ini, telah ditunjuk empat orang panitia sebagai tim untuk menyeleksi dan memberikan penilaian terhadap naskah-naskah yang telah masuk. Mereka adalah Erni Zulfan selaku ketua tim seleksi. Berikutnya Imas Halimatun Sadiah, Desli Yenita, dan Johar Dwiaji Putra sebagai anggota tim seleksi.     

 

Pada Kamis (12/5) bertempat di Ruang Transit Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, telah dilaksanakan rapat untuk menentukan calon peserta yang berhak lolos. Masing-masing dari tim seleksi telah memberikan penilaian terhadap seluruh artikel dari calon peserta. Dari 119 artikel calon peserta, terdapat 106 yang memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Dari jumlah 106 ini, kemudian kembali dikerucutkan menjadi 75 naskah terbaik. Keempat anggota tim seleksi telah menyepakati 75 naskah ini sebagai peserta workshop karya tulis.

 

Dari para peserta yang lolos tersebut, terdapat berbagai macam profil. Di antaranya seperti guru, pelajar, mahasiswa, hingga seniman dan pegiat literasi lainnya. Kami ucapkan selamat kepada 75 peserta yang telah lolos seleksi naskah. Akhirnya, sampai berjumpa pada workshop karya tulis ilmiah populer tentang Bung Hatta pada 6 hingga 8 Juni 2022 mendatang. Sampai jumpa di Bukittinggi!

 

Penulis            : Johar Dwiaji Putra

Penyunting     : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer      : Vinky