Artikel

Diskusi Kelompok Terpimpin untuk Workshop Pembuatan Media Infografis

Bukittinggi – (02/06) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengadakan Diskusi Kelompok Terpimpin atau Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyamaan persepsi dan penyempurnaan teknis pelaksanaan Workshop Pembuatan Media Infografis. Workshop ini merupakan salah satu program prioritas nasional Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, yaitu mewujudkan Layanan Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial.

 

FGD ini dilaksanakan di Ruang Seminar UPT Perpustakaan Prokalamator Bung Hatta dan dihadiri oleh para pakar/praktisi dan panitia teknis pelaksana Workshop. FGD dimoderatori oleh Rendy Oktriananda, S.I.Pus. Adapun pakar/praktisi yang terlibat adalah; Drs. Novri, M.Pd., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika kota Bukittinggi; Ary Leo Bermana, S.Pd., M.Sn., dari ISI Padangpanjang; Aryoni Ananta, S.Ds., M.Sn., Sekretaris Prodi Desain Komunikasi Visual ISI Padangpanjang; Moerat Sitompul, Manajer TempoMedia Laboratory; dan Calvin Budianto, Content Specialist pada Beegroup Financial Indonesia.

 

FGD ini membahas beberapa poin teknis seperti persyaratan peserta, penyamaan persepsi mengenai output dan outcome kegiatan, penetapan rancangan materi, penugasan peserta serta aspek penilaian. Novri selaku Kepala Dinas Kominfo Kota Bukittinggi menyampaikan apresiasinya untuk kegiatan ini, “apresiasi yang besar untuk UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta atas rancangan kegiatan ini. Workshop ini sangat diharapkan karena kita sendiri sedang bersiap menghadapi era society 5.0 dimana semua hal mulai didigitalisasi”. Aryoni mempertajam, “infografis sedang di titik puncak perkembangannya, khusunya dalam dunia digital. Perilaku masyarakat Indonesia sebagai konsumen cenderung kepada informasi yang praktis, to the point, persuasif dan efektif. Infografis mampu mem-back up itu semua”.

 

Moerat Sitompul, spesialis infografis dari Majalah Tempo menambahkan, “infografis lebih sarat informasi. Yang terpenting bukanlah menghadirkan infografis yang menarik secara visual, tetapi lebih ke mengandung nilai informasi yang tinggi. Tentunya, visualisasi juga tetap harus dipertimbangkan”. Moerat juga mengharapkan adanya penyamaan persepsi mengenai infografis itu sendiri, dimana infografis menitikberatkan pada data, bukan hanya sekadar visual.

 

Workshop pembuatan media Infografis ini sendiri akan dilaksanakan pada 28-30 Juni 2021 di Novotel Bukittinggi. Peserta yang terlibat diharapkan sudah berada di level medium dalam hal keterampilannya di dunia desain grafis. Pendaftaran peserta sendiri dapat melalui tautan https://s.id/daftarinfografisppbh21.

 

Penulis : Rendy Oktriananda

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer : Qunto Risky Setiawan