Artikel

Semarak Literasi di Bulan Pahlawan

Bukittinggi - Dalam rangka mengenalkan dan menggiatkan budaya literasi sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengunjungi Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar. Kedua daerah ini dipilih sebagai tempat Sosialisasi Pemasyarakatan Perpustakaan Keliling dengan kegiatan pemutaran film kartun animasi Bung Hatta. Terlaksananya kegiatan dimasa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19, seperti mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker.

Kegiatan sosialisasi dimulai pada tanggal 10 November 2021 di SD Negeri 04 Sarilamak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari pihak sekolah SD Negeri 04 Sarilamak, Yusrinetti, S.Pd., M.Pd. Beliau berterimaksih dan menyambut baik kedatangan Tim Perpustakaan Proklamator Bung Hatta ke sekolahnya dengan mengadakan kegiatan nonton bareng film animasi Bung Hatta. Dengan harapan, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan siswa tentang siapa itu Bapak Mohammad Hatta dan para tokoh lain dari Sumatera Barat. Tidak hanya itu, beliau menambahkan agar kegiatan serupa dapat dilaksanakan hingga ke seluruh Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan menonton film bersama 100 orang siswa siswi dari kelas lima dan enam yang didampingi para guru. Dimana diakhir acara para siswa ditantang untuk dapat menceritakan kembali tentang film yang mereka lihat. Tidak hanya sampai disitu, mereka juga sangat bersemangat dalam menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh tim dan memborong habis semua hadiah yang telah disiapkan.

Kunjungan kedua UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta ke SD Negeri 18 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar pada tanggal 17 November 2021. Sama halnya dengan kunjungan sebelumnya, pada kunjungan ini UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta melakukan pemutaran film kartun Bung Hatta kepada 100 orang siswa dari kelas empat, lima dan enam yang didampiri para guru.

Pihak sekolah yang diwakilkan oleh Kepala Sekolah Zoraida,S.Pd.,M.M menyambut baik kegiatan ini dan berterimakasih atas kunjungan dari UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta ke sekolah SDN 18 Sungai Tarab. Beliau juga menambahkan, dengan kegiatan pemutaran film Bung Hatta ini semoga dapat menambah motivasi siswa untuk kembali belajar. Karena selama hampir 2 tahun sistem pembelajaran dirubah ke sistem daring dengan adanya kebijakan PPKM. Selain itu juga dengan dikenalkannya kembali kepada siswa tentang tokoh Bung Hatta, hendaknya meraka dapat mengaplikasaikan kedeladanan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan Pemasyarakatan Perpustakaan Keliling ini menjadi kegiatan penutup ditahun 2021. Dan pada tahun depan akan terus dilanjutkan ke daerah-daerah lain yang berada di Sumatera Barat. Dengan harapan agar tujuan dari Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dapat terwujud yaitu dengan mengenalkan sosok dan karakter Bung Hatta kepada generasi muda sehingga akan lahirlah para Generasi Bung Hatta masa depan.

 

Penulis            : Mai Della Anglianti

Penyunting     : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer      : Ditya Heryo Kuntyardi