Artikel

Kepala Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Terima Kunjungan dari Humas Bappenas

Bukittinggi - Kamis (18/11) Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Nur Karim menerima kunjungan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Tim dari Bappenas dipimpin oleh Ismet Mohamad Suhud selaku Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik.

Ismet dan tim Humas Bappenas berdiskusi santai dengan Nur Karim di Ruang Pimpinan. Kunjungan tim Bappenas dalam rangka melakukan eksplorasi mengenai sejarah dan literatur terkait Bung Hatta. Eksplorasi ini bertujuan sebagai langkah awal penjajakan, untuk pengumpulan materi-materi dalam proses pembuatan museum Bappenas.

Tim Humas Bappenas juga berkesempatan melihat dari dekat, sejumlah koleksi terkait Bung Hatta yang ada di Ruang Galeri Koleksi Khusus Kebunghattaan. Bung Hatta tidak hanya dijuluki sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Beliau adalah salah satu begawan bangsa di bidang ekonomi. Buktinya, Bung Hatta turut berperan dalam sejarah perjalanan Bappenas.

Bung Hatta menjadi ketua dari Panitia Pemikir Siasat Ekonomi (PPSE) yang dibentuk pada 12 April 1947. PPSE merupakan cikal bakal dari Bappenas. Mengingat jasanya yang besar terhadap perjalanan Bappenas, patut kiranya profil Bung Hatta diabadikan di museum yang sedang diinisiasi oleh lembaga yang dipimpin oleh Suharso Monoarfa tersebut.

 

Penulis            : Johar Dwiaji Putra

Penyunting     : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer      : Johar Dwiaji Putra