Artikel

Konversi Data Menjadi Infografik yang Informatif, Edukatif dan Kreatif Melalui Workshop Pembuatan Media Infografis

Bukittinggi - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mewujudkan Program Prioritas Nasional Perpustakaan Nasional RI dalam bentuk Layanan berbasis Inklusi Sosial, salah satu caranya dengan mengadakan Workshop Pembuatan Media Infografis: sebagai salah satu media pemasaran yang efektif. Bertujuan untuk memberikan bekal kepada peserta workshop untuk dapat merancang infografis yang informatif, edukatif dan kreatif sebagai salah satu media pemasaran yang efektif serta menyebarkannya agar tepat sasaran. Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari, 28-30 Juni 2021 di Hotel Novotel, Bukittinggi.

Peserta workshop berjumlah 30 orang. Peserta dipilih setelah melewati tahapan seleksi berdasarkan portofolio yang dikirim. Adapun pakar yang membagikan ilmunya terdiri dari beberapa ahli di bidang desain, infografis dan pemasaran media sosial, yaitu; Aryoni Ananta, S.Ds., M.Sn., Sekretasis Program Studi Desain Komunikasi Visual ISI Padang Panjang; Ary Leo Bermana, S.Pd.,M.Sn, Tenaga Pengajar Program Studi Desain Komunikasi Visual ISI Padang Panjang; Fitra Moerat Ramadhan, S.Ds a.k.a Moerat Sitompul, Manajer TempoMedia Laboratory; Editor for Infographics Desk, Fact Check Desk, Data Desk and Creative Director for digital publications di PT Tempo Inti Media Tbk. sebagai Manager; dan Raden Calvin Budianto, S.Hub.Int., sebagai Content Specialist di Beegroup Financial Indonesia.

Pada hari pertama (28/6), materi sesi pertama disampaikan oleh Aryoni Ananta, S.Ds., M.Sn. secara tatap muka dengan judul materi Dasar Komunikasi Visual. Sesi selanjutnya disampaikan oleh Ary Leo Bermana, S.Pd.,M.Sn secara tatap muka. dengan judul materi Penerapan Desain Grafis di Dalam Infografis. Materi hari berikutnya (29/6) disampaikan oleh Moerat Sitompul melalui aplikasi pertemuan jarak jauh dengan judul materi Menyiapkan Infografik: Daftar Belanja Bahan Infografik. Sesi keempat masih disampaikan oleh Moerat Sitompul melalui aplikasi pertemuan jarak jauh dengan judul materi Ragam Visualisasi Data: Tak Kenal, Maka Tak Sayang. Pada hari kedua, peserta mulai berlatih untuk menyiapkan lembar kerja infografik sebagai panduan untuk mengkonversinya menjadi sebuah infografis yang ciamik. Hari terakhir (30/6), sesi kelima masih disampaikan Moerat Sitompul melalui aplikasi pertemuan jarak jauh dengan judul materi Cara Mudah Membuat Infografik: Menuangkan Ide Ke Dalam Desain. Materi terakhir disampaikan oleh Raden Calvin Budianto, S.Hub.Int. secara tatap muka dengan judul materi Cara Mengemas dan Memasarkan Konten Infografis di Media Sosial.

Peserta workshop juga melakukan Pre Test dan Post Test yang berguna untuk mengukur pengetahuan peserta sebelum dan sesudah mendapatkan ilmu dari para pakar workshop sebagai bahan pengukuran efektifitas pelaksanaan workshop.

Peserta workshop kemudian diberikan tugas untuk membuat dua jenis infografis dengan tema; Bung Hatta dan Perjalanannya menjadi Bapak Koperasi; dan Profil Produk/Jasa/Komunitas masing-masing peserta. Tugas ini akan dinilai untuk dipilih 3 karya terbaik dimana penganugerahannya akan dilaksanakan pada Pergelaran Produk Inklusi Sosial Ke-Bung Hatta-an, 12 Agustus 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Bung Hatta.

 

Penulis            : Rendy Oktriananda

Penyunting     : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer      : Daffa Ibnu Fauzan