Artikel

Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Terima Kunjungan dari Humas Kementerian Ketenagakerjaan RI

Bukittinggi - Jumat (18/6) Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Nur Karim menerima kunjungan tim dari Humas Kementerian Ketenagakerjaan RI. Tim ini dipimpin oleh Edy Pujimulyono selaku Kepala Koordinator Pemberitaan dan Publikasi. Menyertai pula Aditya Putra Mahardhika selaku Pranata Humas Ahli Muda, Ratna Widiastuti selaku Pustakawan, dan dua staf lainnya.

 

Tim Humas Kementerian Ketenagakerjaan diterima di Ruang Transit, dimana terjadi perbincangan hangat dengan segenap pejabat Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Nur Karim ditemani oleh Desy Rahmayety selaku Kasubbag Tata Usaha, Meindria selaku Koordinator Layanan Informasi dan Kerjasama Perpustakaan, Afrison selaku Koordinator Pengembangan, Pengolahan, dan Pelestarian Bahan Perpustakaan, Nurjani selaku Pustakawan Ahli Madya, serta Ditya Heryo selaku Subkoordinator Kerjasama dan Promosi Perpustakaan.

 

Kunjungan kali ini menjadi kesempatan bagi tim Humas Kementerian Ketenagakerjaan untuk studi banding dan menggali informasi terkait pengelolaan perpustakaan. Hal ini relevan, mengingat Biro Humas memiliki tugas salah satunya adalah mengelola perpustakaan Kementerian Ketenagakerjaan.

 

Tim Humas Kementerian Ketenagakerjaan berkesempatan mengamati dari dekat, sejumlah kegiatan yang menjadi proses bisnis dari Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Diantaranya kegiatan alih media dan pelestarian, dan pengolahan atas buku-buku yang menjadi koleksi utama dari perpustakaan.

 

Tim Humas Kementerian Ketenagakerjaan juga menyaksikan proses layanan keanggotaan perpustakaan, dan menyambangi sejumlah koleksi kebunghattaan yang tersimpan di galeri koleksi Bung Hatta. Tidak lupa, mereka juga mengamati standing kios yang terpasang di ruang layanan koleksi umum. “Standing kios ini memuat informasi-informasi yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Salah satunya adalah buku-buku karya Bung Hatta yang telah dialihmediakan menjadi e-book,” tutur Erni Zulfan yang juga merupakan Subkoordinator Pelayanan Informasi Perpustakaan.

 

Kunjungan ini dapat menjadi jalan pembuka, antara kedua belah pihak untuk bersinergi lebih jauh. Terutama dengan program layanan berbasis inklusi sosial yang sedang dijalankan oleh perpustakaan. Kolaborasi barangkali bisa diupayakan, mengingat Kementerian Ketenagakerjaan mempunyai jaringan Balai Latihan Kerja (BLK) yang dapat menopang jalannya implementasi program layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

 

Penulis            : Johar Dwiaji Putra

Penyunting     : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer      : Ditya Heryo Kuntyardi