Artikel

Sosialisasi Rencana Strategis Tahun 2020-2024 di lingkungan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta

Bukittinggi –  Perpustakaan Proklamator Bung Hatta sebagai salah satu unit kerja yang berbentuk Unit Pelaksana Teknis (Unit Mandiri) dan berkedudukan di bawah Perpustakaan Nasional RI diwajibkan membuat Rencana Strategis (Renstra) jangka panjang untuk 5 tahun kedepan. Sehubungan dengan telah selesainya penyusunan Renstra UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Tahun 2020-2024 oleh Tim Penyusun Renstra UPT, seluruh pegawai Perpustakaan Proklamator Bung Hatta diundang untuk menghadiri kegiatan sosialisasi Renstra UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta yang diadakan pada hari Jumat (18/06) di Ruang Seminar UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

 

Sosialisasi ini dibuka dan dipaparkan oleh Drs. Nur Karim M. Hum selaku Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Dalam pembukaannya, beliau berpesan bahwa kita harus merubah pola pikir dan mindset kerja yang baru. Hal ini dikarenakan cara pikir dan kebiasaan lama khususnya yang dipandang negatif harus sudah ditinggalkan dan dirubah ke arah yang lebih positif.

 

Renstra UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta diawali dengan kondisi bahwa akan dibawa kemana arah kantor ini berjalan. Maka dari itu dibuatlah beberapa kerangka tujuan dari Renstra UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta ini diantaranya revolusi mental melalui budaya baca, layanan perpustakaan berbasis IT dan berbasis inklusi sosial serta perpustakaan menyelamatkan dan mewariskan warisan dokumenter bangsa. Setelah itu, terdapat beberapa potensi dan masalah diantaranya SDM, Gedung yang representatif, jumlah dan variasi koleksi, nama besar Bung Hatta serta banyaknya potensi yang ada di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

 

Maka dari itu, dibuat sasaran strategis tahun 2020-2024 yaitu terwujudnya peningkatan kualitas layanan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta yang ditandai dengan meningkatnya nilai kepuasan pemustaka dan sesuai dengan nilai Perpustakaan Nasional RI yaitu PASTI. Target kinerja yang dibuat untuk UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta ini terbagi atas dua program yaitu (1) program Perpustakaan dan Literasi (program teknis) serta (2) program dukungan manajemen (program generik). Target ini diharapkan dapat memberikan dampak berupa outcome/output terhadap pencapaian sasaran program. Sementara pengukuran kinerja dilakukan melalui SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan). Penilaian SAKIP UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penilaian SAKIP instansi yang menaungi unit kerja ini yaitu Perpustakaan Nasional RI. Dari hasil penilaian SAKIP yang tertuang dalam Surat Menpan RB Nomor : B/80/M.A.A.05/2021 tanggal 31 Maret 2021 perihal Hal Evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Tahun 2021 diketahui bahwa penilaian SAKIP Perpustakaan Nasional tahun 2020 berpredikat B, dengan skala nilai 68,94.

 

Diharapkan kedepannya seluruh pegawai UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengetahui isi dari Rencana Strategis UPT di tahun 2020-2024 untuk kemudian dapat diimplementasikan dari lingkup terkecil yaitu lingkup individu maupun sampai dengan lingkup unit kerja baik pada rencana kerja maupun etos kerja sehingga dapat berdampak baik pada individu maupun pada unit kerja UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.

 

Penulis            : Anggie Setya Putri

Penyunting     : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer      : Anggie Setya Putri