Artikel

Diskusi Persiapan Pendampingan Peserta Workshop Karya Tulis Ilmiah Populer tentang Bung Hatta

Bukittinggi - Workshop karya tulis ilmiah populer tentang Bung Hatta telah dilaksanakan oleh Perpustakaan Proklamator Bung Hatta pada 6 hingga 8 Juni 2022. Workshop karya tulis diikuti oleh 75 peserta, yang datang tidak hanya dari area Sumatera Barat. Peserta dari provinsi tetangga seperti Jambi dan Sumatera Utara, tak ketinggalan turut berpartisipasi dalam workshop yang diselenggarakan di Balai Sidang Bung Hatta, Bukittinggi, tersebut.

 

Pelaksanaan workshop karya tulis memang telah usai. Namun, tugas para peserta belumlah usai. Mereka diwajibkan membuat sebuah karya tulis ilmiah populer, dimana tahun ini genre yang dipilih adalah feature. Karya feature yang terkumpul nantinya akan disatukan dalam bentuk buku antologi. Antologi karya dari peserta workshop karya tulis ini, menurut rencana akan dirilis pada acara pergelaran produk inklusi sosial Kebunghattaan pada 11 Agustus 2022.

 

Dalam proses penulisan feature tersebut, para peserta akan memperoleh pendampingan dari tim panitia Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Untuk itu, dalam mempersiapkan proses pendampingan ini, personel tim yang terlibat telah melakukan diskusi pada Jumat (17/6).  Tim yang bertugas dalam proses pendampingan adalah Erni Zulfan selaku ketua, dan tiga anggota lainnya yang terdiri dari Imas Halimatun Sadiah, Desli Yenita, dan Johar Dwiaji Putra.

 

Bertempat di Ruang Galeri Koleksi Khusus Bung Hatta, diskusi berjalan hangat. Panitia saling bertukar pikiran, terlebih tatkala membahas judul-judul feature yang telah diajukan oleh para peserta workshop karya tulis. Para peserta mengajukan judul-judul yang beragam. Tak hanya beragam, tetapi juga menarik. Hal ini lantaran mayoritas dari mereka mengajukan judul dengan diksi-diksi yang unik. Bahkan, ada sejumlah judul yang sanggup membuat panitia penasaran, akan seperti apa feature yang hendak mereka tuliskan.

 

Sesuai tema, para peserta diwajibkan menulis feature terkait Bung Hatta. Oleh sebab itu, peserta diharapkan berupaya untuk menggali berbagai literatur untuk mendukung proses penulisan ini. Dari proses yang akan dilakukan oleh para peserta tersebut, diharapkan muncul tulisan-tulisan apik mengenai Proklamator Bung Hatta. Proses pendampingan akan berlangsung hingga para peserta selesai dalam menyusun karya tulis. Selamat berkontemplasi untuk para peserta workshop, demi karya yang brilian!  

 

 

Penulis            : Johar Dwiaji Putra

Penyunting     : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer      : Desi Ratnasari