Artikel

Diskusi Kelompok Terpumpun untuk Workshop Pengelolaan Kewirausahaan : Café Agen Literasi

Bukittinggi – (24/05) UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengadakan Diskusi Kelompok Terpumpun atau Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penyamaan persepsi dan penyempurnaan teknis pelaksanaan Workshop Pengelolaan Kewirausahaan : Café Agen Literasi. Workshop ini merupakan salah satu program layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2022, yaitu suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pengguna perpustakaan..

 

FGD ini dilaksanakan di Ruang Seminar UPT Perpustakaan Prokalamator Bung Hatta. Dihadiri oleh para pakar/praktisi dan panitia teknis pelaksana kegiatan. FGD dimoderatori oleh Rendy Oktriananda, S.I.Pus. Adapun pakar/praktisi yang terlibat adalah; Nauli Handayani, S.KM, M.Si., Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi; Ryan Angkawijaya, seorang wirausaha muda dengan banyak pernghargaan dan merupakan CEO dari PT Rambut Nenek Indonesia; Kurniadi Ilham, growth manager dari Kiracreativa; dan Muhammad Subhan, seorang aktivis literasi, penulis dan jurnalis dari Sumatera Barat.

 

FGD ini membahas beberapa poin teknis seperti persyaratan peserta, penyamaan persepsi mengenai output dan outcome kegiatan dan penetapan rancangan materi. Nauli selaku Kadis UMKM kota Bukittinggi menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini. “Program ini dapat membantu mengembangkan para UMKM khususnya di bidang café atau coffee shop. Kami berharap bahwa program ini juga dapat mendorong pelaku usaha agar tertib administrasi dengan menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB), ungkap Nauli. Senada dengan Nauli, Ryan menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat mendorong pengembangan usaha para peserta. Subhan menambahkan bahwa melalui kegiatan in diharapkan akan tercipta agen-agen literasi yang kekinian, modern dan diterima secara luas oleh masyarakat. Sejalan dengan praktisi lainnya, Kurniadi berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan functional benefit, namun juga emotional benefit berupa ilmu yang akan diterapkan oleh para peserta selepas mengikuti workshop.

 

Workshop pengelolaan kewirausahaan: café agen literasi ini sendiri akan dilaksanakan pada 20-22 Juni 2022 di Balai Sidang Bung Hatta, Novotel Bukittinggi. Pendaftaran peserta sendiri dapat melalui tautan https://s.id/daftarwirus.

 

Penulis        : Rendy Oktriananda

Penyunting : Christyawan Ridanto Pitoyo

Fotografer   : Basitungkin Production