Berita

PROMOSI MINAT BACA DI PAWAI ALEGORIS DALAM RANGKA MEMPERINGATI HUT RI KE-73 TAHUN 2018

  • 22AGU2018 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

BUKITTINGGI - Segenap warga dan wisatawan kota Bukittinggi berbondong-bondong ke Jl. Sudirman untuk menyaksikan pawai alegoris yang digelar pemerintah kota Bukittinggi untuk memeriahkan HUT RI ke-73 pada hari Senin tanggal 20 Agustus 2018. Pawai diikuti oleh instansi pemerintah, swasta, sekolah serta organisasi kemasyarakatan di kota Bukittinggi.
Pawai alegoris menampilkan kreasi dari berbagai macam peserta, yang mayoritas mengusung tema perjuangan, patriotisme dan kemerdekaan, baik berupa mobil hias, tarian, musik dan penampilan menarik lainnya. Salah satu peserta yang mengikuti acara tersebut adalah UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, dengan mengirimkan mobil perpustakaan keliling yang di hias bertemakan kemerdekaan.
Mobil perpustakaan berpartisipasi selain untuk memeriahkan HUT RI ke-73 sekaligus mengajak masyarakat untuk gemar membaca, karena minat baca sangat penting dalam memajukan suatu bangsa. Seperti kita ketahui bersama, Bung Hatta “Sang Proklamator” kita merupakan sosok yang sangat gemar membaca dan menulis.
Bung Hatta sebagai tauladan bagi generasi penerus bangsa dalam upaya meningkatkan minat baca. Generasi penerus bangsa harus gemar membaca seperti yang diteladani oleh Bung Hatta. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan maju, dimana dinegara maju tingkat kegemaran membacanya sangat tinggi seperti Jepang.
Kualitas bangsa dipengaruhi oleh tinggi-rendahnya minat baca masyarakatnya. Sebab dengan minat baca yang rendah, masyarakat tidak dapat mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi global, di mana pada akhirnya akan berdampak pada ketertinggalan bangsa itu sendiri. Oleh karena itu, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta tidak henti-hentinya mempromosikan budaya gemar membaca di setiap kesempatan. Di zaman ini perpustakaan tidak hanya menunggu orang datang ke perpustakaan untuk membaca buku, tetapi harus lebih aktif lagi mendekati masyarakat, salah satunya melalui promosi mobil perpustakaan keliling. Dalam menumbuhkan minat baca di Indonesia kita tidak bisa lagi berdiri di tempat atau berjalan tetapi harus berlari tanpa henti di berbagai kesempatan yang ada. [Fajri/PPBH]

Galeri Foto



0 Comments

Leave a comment

Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 110132
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia