Berita

STORY TELLING TAHAP II, MEMBANGUN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MENANAMKAN NILAI MORAL KEPADA ANAK

  • 02MEI2018 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

BUKITTINGGI – UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menggelar kegiatan Story Telling Tahap II pada hari Selasa, 24 April 2018 dengan audiens atau pesertanya adalah murid-murid Taman Kanak-kanak (TK). Yang diundang pada kegiatan Story Telling Tahap II tahun 2018 ini adalah TK dari Kabupaten Agam, yaitu: Tri Marga, TK Baiturrahman, TK Ibnu Syam. Sedangkan TK dari Kota Bukittinggi, yaitu: TK Seruni dan TK Aisyah V.
Kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan kunjungan ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini mengusung tema “Membangun Kecerdasan Emosional dan Menanamkan Nilai Moral Kepada Anak”. Diharapkan dari kegiatan ini akan muncul dalam diri anak keinginan untuk membaca dan haus akan ilmu pengetahuan, sehingga akan membangun kecerdasan emosional dan menanamkan nilai moral kepada anak. Upaya ini tentunya juga harus didukung oleh keluarga dan pihak sekolah.
50 murid TK yang hadir pada acara Story Telling atau kegiatan mendongeng tersebut terlihat antusias mendengarkan Kak Niki, sang pendongeng bercerita dengan membawa alat peraga berupa Buku Bung Hatta yang telah disediakan Perpustakaan yang menjadi topik dongeng di ruang baca anak. Cerita tentang sikap dan kepribadian Bung Hatta, sang Proklamator. Selain itu, Kak Niki juga mengajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menuntut ilmu, seperti si Badu, pengembala kambing dari keluarga miskin, meski demikian dia selalu bersemangat membaca buku. Dan pada akhirnya dia bisa sekolah gratis berkat bantuan kakek tua yang ternyata adalah seorang Kepala Sekolah.
Tidak hanya mendengarkan dongeng, murid-murid TK ini juga diperkenalkan dengan koleksi buku-buku anak yang ada di ruang baca khusus anak serta menonton film kartun yang diputar di TV plasma. Meski belum sepenuhnya lancar membaca, murid-murid TK tersebut sangat antusias mengambil buku di rak terutama buku-buku bergambar binatang dan tokoh kartun. [Imas-Pustakawan PPBH].

Galeri Foto



0 Comments

Leave a comment

Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 104550
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia