Berita

PESERTA LOMBA FILM DOKUMENTER BUNG HATTA ANTUSIAS IKUTI TECHNICAL MEETING DAN COACHING CLINIC

  • 07MEI2018 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

Bukittinggi – Pada Sabtu 05 Mei 2018 lalu telah diselenggarakan technical meeting dan coaching clinic lomba pembuatan film dokumenter Bung Hatta di ruang seminar UPT Perpustakaan Proklamator. Kegiatan yang diikuti lebih dari tiga puluh tim dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA/sederajat) se-Sumatera Barat berjalan dengan lancar. Jarak tidak menjadi persoalan bagi peserta terutama mereka yang datang dari daerah yang jauh seperti Painan, Dharmasraya, Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota karena tingginya antusiasme mereka ikut ambil bagian dalam lomba ini.

Para peserta termasuk guru pembimbing terlihat antusias mendengarkan materi dan arahan dari dewan juri dan semangat bertanya baik tentang konten film maupun teknik sinematografi. Dari kegiatan yang berlangsung sekitar 4 jam tersebut, peserta banyak mendapatkan informasi/ pengetahuan terutama terkait sosok Bung Hatta yang menjadi topik utama dari lomba film. Banyak hal-hal baik dari Bung Hatta yang selama ini tidak sampai kepada masyarakat terutama generasi muda. Hal inilah yang menjadi dasar/alasan utama UPT Perpustakaan Proklamator mensosialisasikan tentang Bung Hatta dan pemikirannya kepada masyarakat melalui berbagai media atau kegiatan salah satunya film dokumenter.

Lomba pembuatan film dokumenter Bung Hatta saat ini telah memasuki tahapan shooting dimana para peserta mulai menuangkan ide/materi untuk penggarapan audio visual. Sesuai dengan ketentuan awal yang telah ditetapkan panitia bahwa proses shooting film dimulai pada bulan Mei hingga Juni dan hasil karya diterima paling lambat tanggal 6 juli 2018. Namun saat technical meeting dan coaching clinic, ada masukan dari dewan juri dan sudah disepakati bersama antara panitia, juri dan peserta bahwa pembuatan film tidak seratus persen dokumenter, ada juga fragmen/ permainan peran di dalamnya (dapat disimpulkan seperti semi dokumenter). Hal ini dimaksudkan untuk memberi ruang bagi peserta mengembangkan kreatifitasnya.

Diharapkan dengan waktu dua bulan yang diberikan panitia, cukup bagi peserta untuk menggarap karya mereka. Lomba pembuatan film dokumenter ini merupakan yang pertama kali digelar oleh UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Panitia berharap ajang lomba serupa juga bisa dilanjutkan untuk tahun berikutnya dengan lingkup audiens yang lebih besar sehingga semakin banyak masyarakat yang mengenal sosok Bung Hatta dan mengambil pelajaran dari nilai-nilai keteladanan serta pemikirannya. (Dora Melisa – Pustakawan UPT PPBH)

Galeri Foto



-->
Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 98450
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia