Berita

MENDEKATKAN GENERASI MUDA KEPADA BUNG HATTA MELALUI FILM DOKUMENTER

  • 01APR2018 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

Bukittinggi – Nama Mohammad Hatta atau sapaan akrabnya “Bung Hatta” tentu tidak asing bagi masyarakat di negeri ini. Namun kepribadian dan sepak terjang dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan Indonesia mungkin tidak banyak yang tahu. Jangankan generasi muda yang lahir di zaman milenial atau generasi z (kelahiran 2001-2010) bahkan generasi alpha (yang lahir di tahun 2010-sekarang, mereka yang terlahir sebelum zaman tersebut mungkin tidak banyak yang tahu seperti apa kiprah Bung Hatta dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tidak dipungkiri jika nama Bung Karno sebagai salah seorang proklamator lebih menggema dibandingkan Bung Hatta, padahal mereka adalah dwi tunggal proklamator kemerdekaan Republik Indonesia. UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta sebagai perpustakaan khusus yang mengusung nama besar Bung Hatta, memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan figur Bung Hatta kepada masyarakat tidak hanya Indonesia tapi juga dunia. Bagaimanapun Bung Hatta dulunya adalah sosok yang sangat disegani oleh pemimpin-pemimpin dunia.

Salah satu cara UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut adalah dengan menggunakan media film guna mendekatkan generasi muda kepada sosok Bung Hatta. Film dinilai sebagai media yang efektif untuk penyebaran informasi mengingat kebiasaan sebagian masyarakat yang lebih cenderung menonton/melihat dibanding membaca. Tahun 2018 ini sebuah terobosan dilakukan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dengan mengadakan lomba pembuatan film dokumenter Bung Hatta. Sasarannya adalah siswa SMA/SMK/MA sederajat yang jiwa mudanya masih menggelora, kritis dan dalam tahap mencari jati diri.

Para siswa SMA yang masih labil tersebut diharapkan dapat menyerap pemikiran-pemikiran cerdas Bung Hatta sehingga dalam pencarian identitas mereka tidak terjerumus dan hanyut dalam pengaruh negatif globalisasi. Bung Hatta disebut memiliki pemikiran yang melampaui zaman. Oleh sebab itu pemikiran-pemikiran Bung Hatta tentang kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut harusnya diteladani oleh generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet perjuangan bangsa.

Bagi para siswa SMA/SMK/MA yang memiliki passion/ketertarikan terhadap dunia sinematografi dan ingin mengenal sosok Bung Hatta lebih dekat, bisa mendaftar sebagai peserta. Lomba pembuatan film dokumenter Bung Hatta ini terbuka bagi seluruh siswa SMA sederajat yang ada di Sumatera Barat. Pendaftaran peserta lomba dimulai pada bulan April dilanjutkan dengan beberapa tahapan, antara lain:
1. Pelaksanaan shooting film selama dua bulan ( Mei-Juni);
2. Penerimaan dan seleksi hasil karya peserta oleh panitia pada bulan Juli;
3. Seleksi karya peserta yang masuk dalam kategori 15 besar pada bulan Juli;
4. Penjurian dan pengumuman pemenang pada tanggal 2 Agustus 2018;
5. Penyerahan Piala dan hadiah berupa tabungan kepada para pemenang pada tanggal 29 Agustus 2018 (bertepatan dengan kegiatan Bedah Buku).

Melalui film dokumenter yang berdurasi 10 menit tersebut, tentunya akan membuka cakrawala berpikir generasi muda sehingga siap menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks. [Dora Melisa – Pustakawan UPT PPBH]

Galeri Foto



0 Comments

Leave a comment

Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 104533
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia