Berita

PEMILIHAN PEMUSTAKA TERBAIK DI UPT PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG HATTA TAHUN 2018

  • 22MAR2018 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

BUKITTINGGI - Berbagai cara dilakukan oleh perpustakaan untuk menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan menggunakan koleksi serta fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan, baik melalui sosialisasi, seminar, dll.
Untuk lebih menarik minat masyarakat tersebut UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta pada tahun 2018 untuk pertama kalinya mengadakan kegiatan pemilihan pemustaka terbaik. Dilaksanakannya kegiatan pemilihan pemustaka terbaik adalah sebagai bentuk apresiasi dari Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kepada pemustaka terbaik yang terpilih nantinya.
Dilaksanakannya pemilihan pemustaka terbaik bertujuan untuk memberikan reward kepada pemustaka, sebagai salah satu cara memotivasi masyarakat untuk berkunjung ke Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.
Rapat persiapan diadakan pada hari Selasa tanggal 13 Maret 2018 yang diikuti oleh Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Bapak Purwanto, S. IPI, Kasi Pelayanan dan Informasi Perpustakaan beserta pegawai/staf yang ditunjuk sebagai tim pelaksana kegiatan pemilihan pemustaka terbaik tahun 2018.
Rapat yang dilaksanakan tersebut membahas tentang tanggung jawab tim, jadwal pelaksanaan, kriteria penilaian pemilihan pemustaka terbaik dan juga penetapan kurun waktu data pemustaka sesuai kriteria yang akan diambil.
Pemustaka yang akan dipilih dalam kegiatan pemilihan pemustaka terbaik adalah pemustaka yang datang berkunjung dengan kriteria penilaian sebagai berikut :
1. Intensitas kunjungan
2. Intensitas peminjaman
3. Pengembalian (terkait pelanggaran)
4. Pemahaman mengenai tata tertib/aturan yang berlaku di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta
5. Pengetahuan tentang Bung Hatta dan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta
Untuk memperoleh 12 pemustaka terbaik terpilih yang bisa mengikuti tes dan intervieu diambil dari data pada kurun waktu 9 September 2017 s/d 31 Agustus 2018 dengan melihat intensitas kunjungan, intensitas peminjaman, dan pengembalian serta melihat pelanggaran terkait keterlambatan pengembalian.
Tes dan interview dilaksanakan 17 September 2018 terkait dengan pemahaman mengenai tata tertib/aturan yang berlaku serta pengetahuan tentang Bung Hatta dan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.
Rapat penentuan pemenang dilaksanakan pada tanggal 18 September 2018, dari 12 pemustaka yang ikut tes/interview dipilih 7 orang pemustaka terbaik yang terdiri dari pemustaka terbaik 1, 2, dan 3 serta 4 orang pemustaka terfavorit.
Pengumuman pemustaka terbaik dan penyerahan reward rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 September 2018 bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan Seminar Peningkatan Minat Baca tahun 2018.
Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan akan lebih memotivasi pemustaka untuk datang berkunjung dengan memanfaatkan koleksi dan fasilitas yang ada di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. [Rosalita/Staf Pelayanan Informasi Perpustakaan]

Galeri Foto



0 Comments

Leave a comment

Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 110110
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia