Berita

AYO MANFAATKAN LAYANAN REFERENSI UPT PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG HATTA

  • 27MAR2018 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

Bukittinggi - UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta memiliki dua sistem pelayanan perpustakaan yakni: layanan terbuka (open access) dan layanan tertutup (closed access). Sayangnya tidak banyak pemustaka yang tahu tentang layanan tertutup di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Pemustaka, baik anggota baru maupun lama jarang sekali memanfaatkan koleksi yang ada di layanan tetutup. Hal ini mungkin saja disebabkan beberapa faktor seperti ketidaktahuan tentang sistem layanannya atau tidak tertarik dengan koleksi yang ada di dalamnya.

Salah satu jenis layanan tertutup yang ada di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta adalah layanan referensi. Layanan yang berada di lantai II ini menyediakan berbagai jenis koleksi dengan jumlah 2.051 judul, 3.524 eksemplar. Koleksi yang dilayankan diantaranya koleksi Proklamator (Bung Karno dan Bung Hatta), Presiden Republik Indonesia, sejarah Indonesia, sejarah dunia, biografi, ensikolepedia, kamus, lembaran negara, Undang-undang, agama, statistik, sastra klasik, koleksi khusus pahlawan asal Sumatera Barat, tokoh-tokoh Minang, dan koleksi khusus Minangkabausiana.

Untuk mengakses atau meminjam koleksi yang ada di layanan referensi tidaklah sulit. Sama dengan koleksi umum pada layanan terbuka, mencari koleksi di layanan tertutup juga menggunakan katalog online atau OPAC (Online Public Access Catalogue) atau dapat bertanya langsung kepada petugas yang ada di layanan referensi. Jika buku/koleksi yang dicari tidak tersedia, petugas akan memberikan referensi buku sejenis sehingga konten atau informasi yang diinginkan tetap bisa didapat.

Selama ini, pemustaka yang memanfaatkan koleksi layanan referensi lebih banyak mencari buku-buku tentang Minangkabau dan tafsir. Sementara untuk koleksi lainnya di layanan referensi jarang bahkan ada koleksi yang hampir tidak pernah diakses oleh pemustaka. Hal ini sangat disayangkan karena banyak informasi yang seharusnya bisa didapat oleh pemustaka jika saja mereka mau mencarinya.

Di sinilah peran pustakawan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dituntut untuk mampu mengajak pemustaka memanfaatkan sumber pengetahuan yang ada dan memobilisasi ilmu pengetahuan kepada masyarakat. Namun hal ini juga perlu dukungan dari semua pihak yang ada di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta sehingga visi-misi Perpustakaan Nasional khususnya UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dapat diwujudkan.

Pemustaka, ayo manfaatkan layanan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah referensi bacaan anda. (Dora Melisa – Pustakawan UPT PPBH)


Galeri Foto



-->
Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 91163
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia