Berita

GALERI BUNG HATTA

  • 14FEB2018 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

BUKITTINGGI – Tahun 2018 ini ada yang sedikit berbeda di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Kini UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta memiliki satu ruangan baca yang dikhususkan bagi pemustaka yang ingin membaca buku-buku karya Bung Hatta maupun buku karya orang lain tentang Bung Hatta. Ruang baca tersebut dinamakan Galeri Bung Hatta.

Sebelumnya koleksi Bung Hatta ini dipajang bersamaan dengan buku-buku rujukan yang ada di ruangan referensi di lantai I/lantai dasar. Diakui memang selama ini tidak banyak pemustaka yang melirik buku-buku tentang Bung Hatta, hal ini salah satunya mungkin karena lokasinya yang kurang strategis dan dipajang di dalam ruangan kaca dengan sistem peminjaman tertutup. Dengan dipindahkannya koleksi khusus Bung Hatta ini ke lantai II, diharapkan lebih banyak lagi pemustaka yang melihat koleksi Bung Hatta dan tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Sang Proklamator.

Buku-buku di Galeri Bung Hatta sengaja di display/di pajang di lemari khusus. Selain untuk memberikan tampilan yang beda dengan koleksi buku umum, ini juga agar buku-buku tersebut tetap terjaga dengan baik mengingat koleksi Bung Hatta sangat langka dan susah didapat bahkan beberapa buku kertasnya mulai rapuh sehingga perlu perhatian dan perlakuan yang lebih intensif.

Di galeri Bung Hatta saat ini terdapat 160 eksemplar lebih buku-buku tentang Bung Hatta. Diantara buku-buku tersebut adalah, Alam Pikiran Junani (buku yang merupakan mahar Bung Hatta ketika menikahi Rahmi Rachim), Memoir (berisi tentang perjalanan hidup Bung Hatta), Ekonomi Berentjana, Ekonomi Terpimpin, Menuju Negara Hukum, Kumpulan Karangan, Daulat Ra’jat I dan II (tulisan Bung Hatta di surat kabar yang kemudian dikumpulkan dan dijadikan buku), serta kumpulan pidato Bung Hatta.

Berbeda dengan koleksi buku umum yang dapat dipinjam untuk dibawa pulang, koleksi di Galeri Bung Hatta hanya untuk dibaca di tempat. Namun pemustaka yang sangat membutuhkan informasi dari koleksi Bung Hatta, dapat meminjam buku untuk difotokopi. Bagi pembaca yang ingin meminjam koleksi untuk dibaca atau difotokopi, caranya sangat mudah yakni dengan menghubungi petugas yang ada di ruang galeri.

Selain buku, di ruang Galeri Bung Hatta juga dipajang beberapa foto Bung Hatta yang memuat kisah perjalanannya terutama karirnya di bidang politik dan pemerintahan. Penataan di ruang Galeri Bung Hatta saat ini masih terbilang sederhana, namun ke depannya akan ditata se-apik mungkin dengan tambahan beberapa ornamen untuk mempercantik ruangan. Selain itu, sarana prasarana penunjang secara bertahap juga akan ditambah sehingga pemustaka mendapatkan lebih banyak informasi tentang Bung Hatta di galeri ini. (Dora Melisa-Pustakawan UPT PPBH).

Galeri Foto



-->
Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 98451
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia