Berita

STORY TELLING TAHAP 1 TAHUN 2018

  • 26FEB2018 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

Bukittinggi, Hari Senin tanggal 26 Februari 2018 dimulai pukul 09.00 WIB
bertempat di Ruang Anak UPT.Perpustakaan Proklamator Bung Hatta,
diadakan acara Story Telling Tahap 1 dengan pendongeng adalah Ibu Sri Eka Handayani, M.Pd.
Peserta Story Telling tahap 1 ini terdiri dari 5 sekolah dengan 5 orang guru pendamping dan 50 orang murid TK atau 10 orang murid per sekolah.
adapun nama-nama sekolah tersebut adalah sebagai berikut:
- TK Darul Makmur 10 anak
- TK Tunas Murni 10 anak
- TK Aisyiyah 10 anak
- TK Bustanul Athfal Asyiyah 10 anak
- Tk Tuanku Nan Rancah 10 anak

Story Telling adalah sebuah teknik atau kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event, dan juga dialog. Kalau di film, para film maker bersenjatakan kamera; di komik, para komikus bersenjatakan gambar dan angle cerita; di cerpen atau novel, para penulis bersenjatakan pena, diksi, dan permainan kata serta deskripsi, dengan menyampaikan sebuah cerita dengan cara mendongeng.
Story Telling menggunakan kemampuan penyaji untuk menyampaikan sebuah cerita dengan gaya, intonasi, dan alat bantu yang menarik minat pendengar. Story Telling sering digunakan dalam proses belajar mengajar utamanya pada tingkat pemula atau anak-anak. Teknik ini bermanfaat melatih kemampuan mendengar secara menyenangkan.
Orang yang ingin menyampaikan story Telling harus mempunyai kemampuan public speaking yang baik, memahami karakter pendengar, meniru suara-suara, pintar mengatur nada dan intonasi serta keterampilan memakai alat bantu. Dikatakan berhasil menggunakan teknik story Telling, jika pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh. Dikatakan berhasil saat pendengar mampu menangkap jalan cerita serta merasa terhibur. Selain itu, pesan moral dalam cerita juga diperoleh.
Oleh karena itu untuk memperkaya wawasan yang dimiliki anak dengan memotivasi anak untuk gemar membaca lewat dongeng, maka UPT.Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengadakan kegiatan Story Telling dengan tema “Membangun Kemampuan Imajinasi Anak Melalui Kegiatan Mendongeng”, yang tentu saja dikaitkan dengan sosok kepribadian Bung Hatta sebagai Proklamator Bangsa.
Kegiatan Story Telling tahun 2018 ini rencananya akan dilaksanakan 4 tahap kegiatan dan puncak pelaksanaannya pada bulan Agustus sekaligus memperingari Hari lahir ke 116 Bung Hatta.(Ricard)

Galeri Foto



0 Comments

Leave a comment

Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 110128
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia