Berita

PENERAPAN SISTEM MENEJEMEN MUTU ISO 9001 : 2008 DI UPT PERPUSTAKAAN PROKLAMATOR BUNG HATTA

  • 11DES2017 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

Sebagai organisasi yang berfokus pada pelanggan, maka perpustakaan harus bisa memberikan layanan yang terbaik buat penggunanya. Layanan prima menjadi tuntutan karena kepuasan pelanggan merupakan ukuran efektifitas suatu perpustakan.
Guna memenuhi tuntutan tersebut dan untuk meningkatkan mutu pelayanan informasi, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta sejak tahun 2015 telah menerapkan sebuah Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 dan berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008 tersebut pada 4 Desember 2015.
Pemeliharaan penerapan ISO 9001 : 2008 secara berkesinambungan serta konsisten merupakan salah satu cara untuk mempertahankan sertifikat ISO 9001 : 2008 baik secara korektif maupun secara preventif. Untuk itu Perpustakaan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta selalu berusaha berbenah dengan meningkatkan mutu pelayanan informasi yang ditunjang oleh sumberdaya manusia juga sarana dan prasarana yang ada.
Fungsi pengawasan merupakan faktor penunjang baik pengawasan internal maupun eksternal. Kunjungan survailen kedua tahun 2017 yang dilaksanakan pada dilaksanakan pada tanggal 8 – 10 November 2017 merupakan tahap pengawasan terakhir bagi penerapan ISO 9001 : 2008 di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, terkait akan habisnya masa berlaku sertifikat ISO 9001 : 2008. Untuk memperpanjang masa berlaku sertifikat ISO 9001 : 2008 perlu dilakukan resertifikasi melalui tahapan transisi ISO 9001 : 2008 ke ISO 9001 : 2015.
Ada beberapa perbedaan antara prinsip manajemen mutu ISO 9001 : 2008 dengan prinsip manajemen mutu ISO 9001 : 2015. Untuk itu dibutuhkan kesiapan dari pihak manajemen dan pihak terkait lainnya untuk melaksanakan prinsip manajemen mutu yang terdapat pada ISO 9001 : 2015 dalam rangka lebih meningkatkan kinerja sesuai visi dan misi UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Kerjasama yang baik antar pihak terkait merupakan faktor penunjang supaya kita bisa mempertahankan sertifikasi standar mutu dengan versi yang terbaru yaitu Sertifikat ISO 9001 : 20015 pada tahun 2018. [Rosi/Staf Pelayanan PPBH]

Galeri Foto



0 Comments

Leave a comment

Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 112905
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia