Berita

MENGENAL BUNG HATTA MELALUI CERITA

  • 14AGU2017 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

BUKITTINGGI – Dwi tunggal proklamator Republik Indonesia Drs. Mohammad Hatta atau yang akrab disapa Bung Hatta lahir pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukittinggi-Sumatera Barat. Dalam rangka memperingati hari kelahiran ke-115 tahun Bung Hatta, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menggelar serangkaian acara seperti kegiatan pameran koleksi foto Bung Hatta dan pemutaran film yang berlangsung dari tanggal 11 s.d 18 Agustus, kegiatan story telling dan lomba mewarnai wajah Bung Hatta yang diselenggarakan pada hari Sabtu 12 Agustus 2017.

Koleksi foto yang dipamerkan berjumlah 102 foto yang menggambarkan perjalanan hidup dan karir Bung Hatta, sementara itu lomba mewarnai wajah Bung Hatta dan story telling tingkat Taman Kanak-kanak masing-masing diikuti oleh lima puluh peserta. Perayaan hari lahir Bung Hatta diperingati secara sederhana namun bersahaja oleh segenap pegawai di lingkungan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta. Hal ini sesuai dengan kepribadian Bung Hatta yang memang dikenal sederhana dan bersahaja.

Story telling tahap III yang diselenggarakan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta mengambil tema “Mengenal Bung Hatta Melalui Cerita”. Selama ini story telling atau mendongeng selalu menceritakan cerita dengan karakter utama adalah binatang maupun tokoh kartun atau tokoh fiktif lainnya. Namun kali ini UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta ingin mengedepankan sosok Bung Hatta sebagai tokoh utama dalam dongeng yang disampaikan kepada anak-anak.

Sesuai dengan tugas dan fungsi pokoknya, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta sebagai perpustakaan khusus memiliki peran dan tanggung jawab untuk mensosialisasikan figur, pemikiran dan keteladanan Bung Hatta kepada masyarakat. Tidak hanya sekedar sosialisasi, diharapkan masyarakat juga mampu meneladani sifat dan pemikiran Sang Proklamator tersebut untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kegiatan story telling tahap III yang diikuti peserta dari TK Ar-Rahmah dan SURYA Kids Bukittinggi, karakter atau kepribadian Bung Hatta yang diangkat oleh pendongeng dalam ceritanya diantaranya adalah Bung Hatta yang terkenal taat beribadah, hormat kepada orang tua, jujur, hemat, sederhana dan bersahaja. Ibu Zulflinda Zubir, S.Pd selaku pendongeng juga memotivasi anak-anak TK untuk menerapkan kepribadian atau sifat-sifat Bung Hatta dalam kehidupan mereka sehari-hari. [Dora Melisa-UPT PPBH]



-->
Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 74078
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia