Berita

BANGUN KECERDASAN EMOSIONAL DAN TANAMKAN NILAI MORAL KEPADA ANAK SEJAK DINI MELALUI STORY TELLING

  • 31JUL2017 0
posted by Maynardo Ricard, S.T

BUKITTINGGI – Story Telling atau mendongeng bagi sebagian besar masyarakat sudah menjadi tradisi dimana kegiatan ini biasanya dilakukan menjelang tidur. Tradisi menceritakan suatu cerita atau kejadian-kejadian secara lisan ini ternyata bukan semata-mata menjadi pengantar tidur bagi anak-anak. Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan yang sudah berlangsung secara turun-temurun ini diantaranya adalah meningkatkan kecerdasan emosional dan menanamkan nilai moral kepada anak.

Kecerdasan emosional menurut Kamus Besar Bahasa Indoneia (KBBI) adalah
kecerdasan yang berkenaan dengan hati dan kepedulian antarsesama manusia, makhluk lain, dan alam sekitar. Meskipun dongeng adalah cerita tentang sesuatu kejadian yang tidak benar-benar terjadi namun ada nilai-nilai yang bisa dipetik dari cerita tersebut. Untuk itu pada saat mendongeng, para orang tua sebenarnya tidak hanya sebatas bercerita namun secara tidak langsung juga menstimulasi mereka untuk membangun kecerdasan emosionalnya.

Melalui kegiatan mendongeng anak dilatih kekuatan atau kemampuan berpikirnya karena dongeng biasanya berisi cerita yang merangsang keingintahuan anak baik terhadap tokoh maupun kelanjutan dan akhir dari cerita. Selain itu mendongeng juga dapat menumbuhkan rasa empati pada anak melalui karakter baik dan jahat dari tokoh dalam dongeng tersebut. Menumbuhkan rasa empati ini merupakan salah satu cara untuk membangun kecerdasan emosional.

Sesuai dengan visi Perpustakaan Nasional RI yakni mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dalam hal ini juga memiliki peran dalam membangun kecerdasan emosional anak salah satunya melalui kegiatan Story Telling.

Untuk kedua kalinya di tahun 2017 ini, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta kembali menyelenggarakan kegiatan Story Telling dengan pesertanya murid Taman Kanak-kanak (TK). Untuk kegiatan Story Telling yang diselenggarakan tanggal 27 Juli 2017, lima puluh murid TK yang hadir berasal dari TK Kemala Bhayangkari dan TK Teladan Pertiwi kota Bukittinggi.

Tema Story Telling tahap II ini adalah “Membangun Kecerdasan Emosional dan Menanamkan Nilai Moral Kepada Anak”. Melalui kegiatan ini diharapkan anak TK dapat menyerap nilai-nilai moral dari cerita yang disampaikan ibu Sofia Marni, S.Pd, selaku pendongeng, terlebih pada acara kali ini orang tua murid juga terlihat hadir mendampingi anaknya. [Dora Melisa-UPT PPBH]

Galeri Foto



-->
Pemutakhiran

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Jl. Salemba Raya 28A Kotak Pos 3624
Jakarta 10002 - Indonesia

Jam Layanan

Senin - Jumat : 09.00 - 15.00 (WIB)

Kontak Kami

(021) 929 209 79
(021) 392 7919; (021) 319 084 79 (fax)
info@perpusnas.go.id

Pernyataan Privasi | Ketentuan Penggunaan
© 2014 UPT Bung Hatta. All Rights Reserved.
Anda pengunjung ke 74083
©2015 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia